Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Jokowi dalam Pembangunan Jalan Tol Belum Tercapai

Kompas.com - 27/09/2019, 19:11 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan melakukan pembangunan jalan tol sepanjang 1.852 kilometer (KM) selama periode 2014-2019.

Target tersebut sempat direvisi, dimana awalnya hanya ditargetkan pembangunan jalan tol di periode tersebut hanya 1.060 kilometer (km).

Namun, diperkirakan hingga akhir 2019 realisasi pembangunan jalan tol hanya sepanjang 1.500 km.

“Sebenarnya hingga akhir 2019 nanti dari sasaran RPJMN awal itu targetnya 1.060 KM jalan tol dan kemudian ada tambahan jadi 1.852 km. Tapi paling tidak yang akan bisa kami selesaikan 1.500 km sampai akhir Desember," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di acara Kompas100 CEO Update di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Baca juga: 2020, Truk ODOL Dilarang Masuk Jalan Tol

Kendati masih ada 352 kilometer tol yang belum terbangun, Basuki masih optimistis target tersebut bisa terealisasi pada akhir tahun ini. Padahal, waktu yang tersisa untuk melakukan pembangunan tinggal tiga bulan.

“Ini pun 1.850 km masih bisa, sampai sekarang ini kalau kemarin Serpong-Balaraja, Terbanggibesar-Kayuagung setelah hitung-hitung minimal 1.500 km, tapi kita upayakan sampai akhir Desember bisa 1.850 km,” kata Basuki.

Basuki menjelaskan, hambatan yang dihadapinya untuk memenuhi target tersebut, yakni soal pembebasan lahan. Masih ada beberapa bidang lahan yang belum dibebaskan untuk pembangunan tol.

“Ada beberapa rumah tanah yang belum dipindahkan, misalnya Palembang-Betung, mustinya kan Terbanggibesar-Kayuagung-Palembang-Betung ini masih kita upayakan finalnya nanti,” ucap dia.

Baca juga: Ini Jalan Tol yang Akan Naik Tarifnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com