Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Kandidat dengan 3 Sifat Ini yang Dicari saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 28/09/2019, 15:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Dalam sebuah wawancara kerja, pihak HRD perusahaan tidak hanya mendengarkan jawaban yang diajukan kepada kandidat.

Pihak perusahaan mencari beberapa aspek penting yang tak secara langsung ditanyakan kepada kandidat. Inilah yang tidak tertuang dalam pertanyaan, namun pihak HRD akan mendengarkan jawaban kandidat sepanjang wawancara kerja.

Dilansir dari Forbes, Sabtu (28/9/2019), berikut ini adalah tiga karakter yang dicari perusahaan saat mewawancarai kandidat.

1. Apakah Anda sesuai dengan budaya perusahaan

Keahlian dan keterampilan saja tidak menjadi kriteria utama untuk menyeleksi kandidat. Kandidat yang terampil dan ahli di bidangnya belum tentu sesuai dengan budaya perusahaan.

Pihak HRD mencari seseorang yang tak hanya bisa menjadi calon yang sesuai bekerja di tim, namun juga bagi perusahaan sendiri.

Cara terbaik untuk menunjukkan kriteria ini adalah cukup dengan menjadi diri sendiri saat wawancara kerja. Jika Anda menampilkan kepribadian yang berbeda dan mencoba menarik perhatian, maka Anda tak otentik.

Pikirlah seperti ini, Anda tak mau bekerja dengan kepribadian yang berbeda itu. Sebab, itu hanya akan membuat Anda tidak bahagia dan tak puas dengan kinerja sendiri.

Baca juga: Simak, 5 Pertanyaan Tersulit saat Wawancara Kerja dan Cara Jawabnya

2. Keterampilan dan soft skill apa yang Anda miliki?

Keterampilan dan soft skill saat ini sangat berguna di bursa kerja. Keterampilan teknis bisa dipelajari, namun soft skill lebih intrinsik dan susah untuk diajarkan.

Pihak HRD akan mengevaluasi soft skill Anda sepanjang sesi wawancara kerja dan bukan cuma mendengarkan jawaban Anda. Mereka akan sangat memperhatikan bahasa tubuh, sopan santun, dan keseluruhan sifat Anda sepanjang wawancara kerja.

Menurut LinkedIn, soft skill yang sangat dicari perusahaan adalah manajemen waktu, kemampuan beradaptasi, kolaborasi, persuasi, dan kreativitas. Yang lainnya adalah empati dan integritas, yang sebenarnya tak diajarkan namun terbentuk dalam diri seseorang.

Tunjukkan sifat-sifat ini dengan memadukan semuanya ke dalam jawaban-jawaban Anda sesering mungkin. Bicarakan tentang soft skill yang Anda miliki dengan menjelaskan bagaimana keterampilan itu membantu Anda sukses dalam pekerjaan.

Baca juga: Usai Wawancara Kerja, Jangan Sungkan Ajukan 5 Pertanyaan Ini

3. Apakah Anda mau belajar?

Dengan kondisi lingkungan kerja yang berubah sangat cepat, bersedia dan bisa terus belajar adalah sifat dan keterampilan yang dicari perusahaan. Kemauan untuk belajar sangat menguntungkan bagi Anda maupun perusahaan.

Belajar dan mengembangkan diri akan memastikan bahwa Anda terus ditantang dalam pekerjaan dan karier Anda tidak stagnan.

Bagi perusahaan, sifat ini memastikan bahwa para pegawai mereka kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

Anda bisa menunjukkan sifat mau belajar dengan langsung mengungkapkannya. Ungkapkan bahwa Anda senang dengan tantangan baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com