Konsep Hunian TOD Harus Didukung Jaringan Jalan dan Transportasi Umum

Kompas.com - 28/09/2019, 15:54 WIB
Ilustrasi apartemen. PIXABAY/paulbr75Ilustrasi apartemen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep hunian Transit Oriented Development (TOD) kini banyak diminati konsumen, tak kecuali generasi muda yang belum memiliki rumah. Soalnya, TOD menghadirkan kemudahan akses ke transportasi umum.

Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna menjelaskan, pembangunan TOD bukan hanya bicara konsep rumah susunnya, namun harus didukung juga oleh jaringan jalan dan simpul angkutan umum.

"Jangan sampai TOD itu hanya membangun rumah susun di samping stasiun. Juga jangan sampai pembangunan TOD itu nantinya tidak ada trotoar (pedestrian), termasuk juga bangunan di sekitar TOD," ujar Yayat dalam keteranganntmya, Sabtu (28/9/2019).

Pembangunan satu wilayah yang berkonsep TOD harus membentuk sinergi juga dengan operator kereta api, sehingga mereka bersedia menambah frekuensi perjalanan kereta api.

 

Baca juga: Menhub: Di Semua Stasiun Akan Dibangun Rusun TOD

Demikian juga harus dipersiapkan halte bus, pangkalan ojek dan kendaraan online, serta terminal terpadu termasuk layanan simpul transportasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan sampai keluar dari stasiun kereta api, terminalnya kacau, sehingga perlu ditata bersama. Perlu dipertimbangkan juga penyediaan sarana parkir kendaraan dan fasilitas publik lainnya," jelas Yayat.

Ia pun menekankan perlunya sinergi antara pengembang dan pemerintah, sehingga dapat membangun jejaring bersama. Jika sudah ada pengembang (developer) yang membiayai pembangunan infrastruktur dengan inisiatifnya, maka pemerintah harus mendukung dari segi perizinan.

Adapun perusahaan properti PT Hutama Anugrah Propertindo (HAP) melakukan topping off Tower Bellerosa dan Tower Cattleya Serpong Garden Apartment (Segar), sehingga tidak lama lagi akan siap untuk dihuni.

Baca juga: Mau Beli Rumah atau Apartemen? Pahami Hal Ini

Ferdy Sutrisno, Direktur Utama PT Hutama Anugrah Propertindo, Serpong Garden merupakan apartemen yang sudah mengaplikasikan konsep TOD di Indonesia.

"Konsep TOD merupakan pendekatan pengembangan kota yang memaksimalkan penggunaan angkutan publik, sekaligus meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi," ujarnya.

Serpong Garden Apartment merupakan apartemen yang mempelopori koneksitas yang terintegrasi dengan berbagai intermoda seperti Stasiun Cisauk, pasar modern, dan terminal terpadu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.