Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit Ala Rahne Putri

Kompas.com - 30/09/2019, 07:08 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang eranya cashless. Mayoritas masyarakat setidaknya memiliki satu layanan keuangan digital dan kartu berbasis chipbase maupun server base, seperti kartu kredit.

Bicara soal kartu kredit, banyak yang terjebak utang karena mudahnya mengakses uang secara cashless. Namun sebetulnya ada banyak cara bijak menggunakan kartu kredit di kehidupan sehari-hari.

Blogger sekaligus mompreneur Rahne Putri mengatakan, cara bijaknya yaitu meminimalkan transaksi menggunakan kartu kredit. Bahkan, dia menyarankan untuk tidak menggunakan kartu kredit bila Anda belum mampu mengelola keuangan secara baik.

"Kalau memang belum bisa mengolah ya jangan dipakai," kata Rahne Putri di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: Apa yang Terjadi Bila Kartu Kredit Jarang Dipakai?

Sementara bagi Anda yang tidak bisa lepas alias telah rutin menggunakan kartu kredit, jangan menunda-nunda pembayaran. Usahakan pembayaran dilakukan di bulan berikutnya untuk tagihan bulan kemarin tanpa dicicil.

Cara ini kata Rahne, diyakini bisa membuat pola keuangan yang sehat di bulan-bulan berikutnya.

"Jangan pernah ditunda pembayarannya setiap bulan, langsung lunasin bulan depannya. Karena kalau enggak begitu, bikin pola keuangan jadi enggak sehat," ungkap dia.

Baca juga: Jangan Berikan Kartu Kredit pada Anak Anda, Ini Alasannya

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan penawaran dari kartu kredit. Seperti yang Anda tahu, kartu kredit kerap memberikan penawaran harga hingga fasilitas yang memudahkan pemiliknya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X