Pengusaha Minta Menteri Sektor Ekonomi Profesional dan Kompeten

Kompas.com - 30/09/2019, 08:09 WIB
Ilustrasi kabinet KompasIlustrasi kabinet

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha meminta Presiden Joko Widodo memilih figur yang kompeten dan profesional untuk mengisi menteri-menteri  yang berada di sektor ekonomi.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Shinta Widjaja Kamdani menyatakan, hal tersebut agar kebijakan yang dibuat dapat lebih efisien.

Profesionalitas juga akan membuat kebijakan berdaya saing sesuai dengan arah reformasi kebijakan ekonomi nasional yang dibutuhkan pengusaha.

"Kompeten dan profesional dalam mengelola kebijakan ekonomi nasional agar menjadi jauh lebih efisien," ujar dia seperti dilansir dari Kontan.co.id, Minggu (29/9/2019).

Baca juga: Kepada Jokowi, HIPMI Minta Menteri yang Pro Pengusaha

Masalah koordinasi juga harus diperhatikan oleh menteri di periode berikutnya. Sebab masalah klasik tersebut masih terus terjadi tiap periode.

Ego sektoral dinilai masih ada di masing-masing lembaga. Hal itu menurut Shinta, menghambat kelancaran berusaha karena menciptakan kebijakan yang saling menyulitkan.

Shinta juga menegaskan pentingnya reformasi kebijakan ekonomi nasional. Hal itu diharapkan dapat dilakukan dalam jangka pendek agar manfaat reformasi kebijakan tersebut betul-betul dirasakan oleh pelaku usaha.

"Kami ingin agar iklim usaha menjadi lebih simple," ucapnya.

Baca juga: Disebut Kerjanya Cuma Menembaki Kapal, Ini Kata Menteri Susi

Selain itu reformasi kebijakan juga diharapkan konsisten antara kebijakan dan pelaksanaan di lapangan, cepat diproses, serta tidak buang-buang waktu, tenaga dan biaya. Hal itu dibutuhkan oleh investor dan pelaku usaha mengingat kondisi ekonomi global saat ini.

Mengenai kebijakan ekonomi saat ini, Shinta enggan menyampaikan penilaiannya. Termasuk kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang mengatur masalah investasi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.