Kompas.com - 30/09/2019, 08:41 WIB
Bandara Nanyuan China CNNBandara Nanyuan China

BEIJING, KOMPAS.com - Bandara Nanyuan, bandara pertama sekaligus tertua di Beijing akhirnya ditutup. Hal ini seiring dengan pembukaan bandara baru yang berada di sisi lain ibu kota China tersebut. 

Penutupan Bandara Nanyuan ini berlangsung pada 25 September 2019 lalu. Pada tanggal yang sama, penggantinya, Bandara Daxing yang dibangun dengan investasi 11,5 miliar dollar AS diresmikan oleh Presiden Xi Jinping.

Dikutip dari CNN Senin (30/09/2019), penerbangan terakhir di Bandara Nanyuan dilakukan oleh China United Airlines KN5830, berangkat tepat setelah pukul 10 malam.

Baca juga: Mulai Oktober, KA Bandara Bisa Dinaiki dari Stasiun Manggarai

Pada hari Sabtu (28/9/2019), pintu-pintu bandara terlihat tertutup rapat dan sebagian besar tempat parkir kosong.

Sementara beberapa mobil yang sudah berdebu ditempeli pemberitahuan. "Halo! Bandara ini secara resmi telah pindah ke Bandara Internasional Daxing pada 25 September ... Saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi karena menaruh kepercayaan Anda pada Bandara Nanyuan," kata pemberitahuan itu.

Nanyuan pertama kali dibuka pada 1910, atau 109 tahun yang lalu, ketika China masih diperintah oleh Dinasti Qing. Bandara ini telah melalui dua perang dunia, perang saudara China, hingga akhirnya pendirian Republik Rakyat Cina pada tahun 1949.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Bandara Internasional Dengan Duty Free Shop Termurah

Setelah ditutup, Nanyuan akan menjadi museum penerbangan, dan semua kegiatan operasional akan ditransfer ke Bandara Daxing.

Bandara Daxing dirancang oleh arsitek Zaha Hadid. Bandara yang baru itu memiliki desain ramping dan berteknologi tinggi. Sementara Bandara Nanyuan terlihat lebih tua, dengan bentuk persegi  dan jejak karat yang mulai terlihat.

Walaupun Bandara Nanyuan telah resmi ditutup, warga Beijing masih datang berbondong-bodong ke terminal lama untuk menikmati sepotong sejarah yang ada di kota mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.