Utang Syariah Pemerintah Dipakai Buat Apa Saja?

Kompas.com - 30/09/2019, 17:43 WIB
Ilustrasi rupiah. THINKSTOCKS/FITRIYANTOANDIIlustrasi rupiah.

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah tidak hanya menarik utang konvensional, namun juga yang berbasis syariah. Caranya dengan menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara ( SBSN) atau sukuk.

Pada 2019 saja, pemerintah sudah beberapa kali menerbitkan sukuk untuk keperluan pembiayaan di APBN.

Lantas, untuk apa saja utang syariah tersebut?

Dikutip dari buku APBN KITA Kementerian Keuangan edisi September 2019 pada Senin (30/9/2019), utang syariah ternyata digunakan untuk berbagai proyek pembangunan.

Uang tersebut berkontribusi membiayai gedung perkuliahan di 54 perguruan tinggi keagamaan Islam dan 32 madrasah, membantu membiayai pembangunan jalan dan jembatan di 30 provinsi dan 3 taman nasional.

Baca juga: Utang Pemerintah Capai Rp 4.680 Triliun, Begini Strukturnya

Selain itu uang dari hasil utang itu digunakan untuk membantu membiayai proyek jalur kereta api di Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Membiayai asrama haji di 24 kota atau kabupaten serta membiayai 701 kantor urusan agama dan manasik haji.

Terakhir, sebagian uangnya juga digunanakan untuk membiayai 328 pengelolaan sumber daya air.

Tahun ini proyek yang berasal dari sukuk sebesar Rp 28,4 triliun, atau lebih besar dari 2018 yang hanya Rp 22,5 triliun.

Adapun utang pemerintah sendiri sebesar Rp 4.680,2 triliun hingga akhir Agustus 2019. Dari total tersebut, sebesar Rp 706,2 triliun merupakan utang dari penerbitan sukuk.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X