Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suntik Modal ke Fintech, Pegadaian Siapkan Rp 500 Miliar

Kompas.com - 30/09/2019, 18:58 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) berencana melakulan aksi korporasi dengan menanamkan modal di perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech). Hingga akhir tahun, perseroan menganggarkan Rp 500 miliar untuk diinvestasikan ke fintech.

"Iya, karena kami masih baru ya, jadi saya enggak berani langsung lari banget. Saya harus mengevaluasi apakah itu nanti oke. Karena fintech kan banyak juga yang tidak bagus kinerjanya," ujar Ditektur Utama Pegadaian Kuswiyoto di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Dia menjelaskan, perseroan saat ini sedang mengincar tiga hingga lima fintech untuk disuntik dana.

Hingga saat ini, Pegadaian masih dalam proses penjajakan untuk bisa berinvestasi di fintech yang ditargetkan rampung akhir tahun. Pasalnya, banyak aturan, terutama dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang harus dipenuhi.

Baca juga: Pegadaian Siapkan Rp 700 Miliar untuk Digital, Buat Apa Saja?

"Kami patuh kepada aturan-aturan OJK yang mana fintech yang boleh kami kerja samakan, mana yang enggak. Kami sedang pilih karena Pegadaian itu kan kuat dan namanya baik, kami tidak mau bekerja sama dengan fintech yang asal-asalan," ujar dia.

Adapun beberapa kriteria fintech yang diinginkan pegadaian, selain sudah berizin OJK, juga memiliki kondisi fundamental yang kuat serta memiliki basis pelanggan yang tinggi.

Di antara fintech yang diincar oleh perseroan, juga ada fintech peer to peer lending atau pinjaman online (pinjol), baik di sektor produktif maupun konsumtif.

"Dan mereka juga harus kuat permodalannya, sistemnya, manajemen risikonya bagus, dibuktikan misalnya dari tingkat NPL (rasio kredit bermasalah) mereka yang tidak tinggi, gitu-gitu lah," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com