Simak, 7 Kebiasaan Tak Profesional yang Harus Dihindari di Kantor

Kompas.com - 01/10/2019, 12:45 WIB
Ilustrasi bekerja imtmphotoIlustrasi bekerja

NEW YORK, KOMPAS.com - Anda barangkali merupakan karyawan teladan di kantor atau penilaian kinerja Anda bagus. Namun, bukan berarti Anda bisa bertindak seenaknya dan menjadi tampak tak profesional.

Dikutip dari Reader's Digest, Senin (30/9/2019), berikut ini adalah 7 kebiasaan tidak profesional yang sebaiknya dihindari di kantor.

1. Menggunakan emoji

Tahan keinginan untuk mengirimkan emoji seperti jempol atau wajah bahagia kepada atasan, meski sang atasan mengirimi emoji untuk Anda. Sebab, jangan sampai atasan salah mengartikan makna emoji yang Anda kirim.

Meskipun setiap orang memiliki hubungan yang berbeda dengan rekan kerja dan lingkungan kerja masing-masing perusahaan berbeda, lebih baik hindari kebiasaan menggunakan emoji sampai Anda tahu betul bagaimana lingkungan kerja menanggapi emoji.

"Menggunakan emotikon di dalam e-mail membuat orang secara tidak sadar berpikir Anda tidak kompeten," kata pakar karier Penelope Trunk.

2. Mengumbar alasan

Jika Anda membuat kesalahan, akui saja. Tidak ada seorang pun yang senang dengan orang yang selalu melontarkan alasan macam-macam.

Tidak ada orang yang sempurna dan kesalahan adalah hal yang lazim dilakukan. Dengan demikian, ketika Anda membuat kesalahan, akuilah dan tetap move on.

Baca juga: Ingin Sukses dalam Karier, Lakukan 5 Hal Ini

3. Sering pulang cepat

Pulang cepat sekali atau dua kali bukan masalah. Akan tetapi, kalau kebiasaan ini sering dilakukan, maka ini akan memberikan dampak negatif bagi karier Anda.

"Pulang cepat membuat Anda tampak tidak peduli dengan pekerjaan, meskipun Anda tiba di kantor tepat waktu atau sebelum yang lain tiba, maupun jika Anda sering lembur," ungkap Trunk.

4. Bergosip

Tidak ada yang senang dengan gosip dan berbicara hal buruk tentang orang lain hanya membuat diri Anda tampak buruk, khususnya di kantor. Anda tak pernah tahu siapa yang mendengar gunjingan Anda dan bisa saja gosip itu menyebar dengan cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X