RI dan Nigeria Jajaki Kerja Sama Infrastruktur

Kompas.com - 01/10/2019, 13:03 WIB
Ilustrasi infrastruktur digital shutterstock.comIlustrasi infrastruktur digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia bersama pemerintah Republik Federal Nigeria melakukan penjajakan kerja sama dalam bidang infrastruktur yang masuk dalam kerangka Kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST).

Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas, Slamet Soedarsono mengatakan, pertemuan kedua negara digagas atas kerja sama Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Bappenas.

Dalam pertemuan ini, Indonesia berkomitmen meningkatkan kerja sama pembangunan internasional dengan Nigeria melalui pertukaran pengetahuan pengalaman dan teknologi, salah satunya melalui program KSST.

"Kerja sama pembangunan ini juga ditujukan untuk mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan terutama tujuan 17 (Kemitraan) dan tujuan 9 (industri, inovasi, dan infrastruktur)," kata Slamet.

Baca juga: Demi Indomie, RI Siap Barter CPO dengan Minyak Nigeria

Slamet menuturkan, pada pertemuan ini perwakilan dari Nigeria dihadiri oleh pejabat Kementerian Energi, Pekerjaan Umum dan Perumahan.

Dalam pertemuan ini, Indonesia yang diwakili sejumlah pejabat dan lembaga terkait menjabarkan kemampuan dalam menggarap infrastruktur yang dibutuhkan oleh negara bagian Afrika Barat tersebut.

"Indonesia dan Nigeria sebagai emerging Middle Income Countries memiliki kesamaan dalam pengalaman dan pandangan umum mengenai prioritas dan strategi untuk mengatasi tantangan pembangunan. Dalam kerangka KSST, negara-negara Selatan dapat berbagi pengetahuan, teknologi, inovasi, kebijakan, dan sumber daya Iainnya untuk mengatasi tantangan pembangunan," ujarnya.

Dia menambahkan, tujuan berbagi pengetahuan ini adalah guna meningkatkan kerja sama pembangunan internasional Indonesia-Nigeria dalam peningkatan kapasitas pembangunan jalan dan jembatan.

Baca juga: Kerja Sama Indonesia-Nigeria, GMF Akan Rawat Pesawat Max Air

"Kegiatan akan menghasilkan joint working plan untuk kerja sama pembangunan jangka panjang di sektor infrastruktur, khususnya dalam pembangunan jalan dan jembatan," tambahnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X