Saat Sri Mulyani Minta Siswa SMA Jadi Aladdin untuk Ceritakan APBN...

Kompas.com - 01/10/2019, 13:36 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis (4/7/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada-ada saja metafora yang digunakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam pidatonya.

Misalnya saja saat bicara di depan siswa SMA yang menjadi finalis Olimpiade APBN 2019 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (1/9/2019).

Awalnya, perempuan yang kerap disapa Ani itu mengeluh banyak orang yang hanya melihat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sepotong-sepotong.

Baca juga: Sri Mulyani Siapkan Dana Cadangan Rp 10 Triliun pada 2020, untuk Apa?

Salah satunya yakni hanya menyoroti sisi utang pemerintah yang terus membengkak.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tidak menyalahkan pandangan itu, namun ia menilai APBN perlu diceritain lebih utuh.

Oleh karena itulah ia meminta siswa-siswa SMA peserta Olimpiade APBN 2019 menjadi pencerita APBN kepada generasi muda lainnya.

Baca juga: Ibu Kota Pindah, Sri Mulyani Perkirakan Anggaran Perjalanan Dinas PNS Bengkak

Sri Mulyani lantas menggunakan metafora Aladdin, tokoh yang muncul di cerita 1001 malam. Namun cerita yang disampaikan yakni terkait APBN.

"Kalau ada cerita 1.001 malam, APBN itu diceritakan dari hari pertama, sampai hari ke 1.001 itu enggak ada habisnya," ujarnya.

"Saya ingin kalian menjadi pencerita yang baik 1.001 malam sehingga masyarakat Indonesia mengatahui APBN. Bisa enggak?," sambungnya disambut tepuk tangan para siswa.

Sri Mulyani yakin, bila APBN disampikan secara utuh, tidak sepotong-sepotong, maka pemahaman masyarakat akan utuh sehingga tahu persis manfaat APBN untuk rakyat.

Baca juga: Sedihnya Sri Mulyani Lihat Fasiltas Umum dari Uang Rakyat Dirusak...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X