Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Butuh 36 Masinis, Tertarik Mendaftar?

Kompas.com - 01/10/2019, 16:18 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membutuhkan sebanyak 36 masinis untuk operasional kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Rencananya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan rampung pada 2020 dan akan operasi pada 2021.

"Mungkin harapan kami 36 (masinis), kemudian control center, control center cukup banyak. Pemeliharaan banyak," ujar Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Masinis yang dibutuhkan KCIC bukan masinis biasa. Sebab  masinis akan bertanggung jawab atas operasional KA Cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terbentur Lahan Ciputra

Nantinya masinis KA Cepat harus memenuhi kompetensi yang ada. Hal ini ditandai dengan adanya sertifikasi profesi yang akan diberikan oleh Kementerian Perhubungan.

Perekrutan masinis KA Cepat kata Chandra akan membutuhkan waktu cukup lama. Sebab nantinya para masinis akan mengikuti pelatihan yang intensif.

"Pengujiannya banyak termasuk masinis kercep beda kan dengan kereta biasa. Kontrol bukan di manusia, ibaratnya pilot pesawat terbang lah. Itu proses sekarang rekrut lalu training. Butuh waktu lama setahun," kata dia.

Selain masinis, KCIC juga akan membuka lowongan lainnya untuk berbagai posisi. Saat ini Chandra mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com