Kejar Negara Tetangga, RI Butuh Rp 100 Triliun untuk Infrastruktur ICT

Kompas.com - 01/10/2019, 17:28 WIB
Menkominfo Rudiantara saat berada di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariMenkominfo Rudiantara saat berada di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia membutuhkan anggaran Rp 100 triliun untuk mengejar ketertinggalan di bidang teknologi informasi dan komunikasi ( ICT) dari negara-negara tetangga.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

"Kami kemarin di DPR persentasi 10 tahun ke depan lebih dari Rp 100 triliun kita butuh," ujarnya kepada wartawan.

Saat ini ucap Rudiantara, Indonesia ada diperingkat kelima atau keenam dalam hal infrastuktur di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Asia Tenggara.

Baca juga: Dua Srikandi Indonesia Ini Jauh-jauh ke China, Intip Teknologi ICT Terkini

Indonesia memang sudah membangun Palapa Ring, atau jaringan serat optik bawah laut yang menjangkau 34 provinsi.

Namun, Rudiantara mengatakan, Palapa Ring saja tidak cukup untuk mengejar ketertinggalan TIK dari negara tetangga.

Apalagi, ungkapnya, persentase alokasi anggaran negara tetangga lebih besar dibandingkan Indonesia. Oleh karena itu pembangunan infrastuktur TIK merupakan hal yang paling dibutuhkan.

"ICT spending-nya pemerintah Indonsia terhadap GDP ratio-nya hanya 0,1 persen. Sementara Thailand 0,3 persen, Malaysia 0,6 persen terhadap GDP," kata dia.

"Kita punya Palapa Ring sudah selesai satelit pada 2002. Tapi kita butuh satelit yang kedua, ketiga. Kalau enggak, kita makin ketinggalan terus," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X