WIKA Incar Proyek Infrastruktur di Nigeria

Kompas.com - 02/10/2019, 07:20 WIB
Wijaya Karya. Wijaya KaryaWijaya Karya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya Tbk ( WIKA) mengincar kerja sama pembangunan proyek infrastruktur di Nigeria. Perusahaan plat merah itu bahkan sudah presentasi di hadapan para delegasi Nigeria.

"Itu tergantung kebutuhan Nigeria (membangun) apa," kata Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya ditemui di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Meski belum tahu persis pembangunan infrastruktur apa yang akan dikerjakan WIKA di negara Afrika bagian barat itu. namun ada indikasi lebih mengarah ke proyek jalan dan jembatan.

Baca juga: WIKA Garap Istana Presiden Niger, Rampung Akhir 2020

Hal ini sesuai tajuk pertemuan antara Pemerintah Indonesia dan Nigeria yakni "Strengthening Indonesia-Nigeria Development Cooperation through Reverse Linkage Program Knowledge Sharing on Road and Bridge Development” di Jakarta, kemarin.

"Kemungkinan seperti itu, kan ini baru pembicaraan awal, tadi kita sudah mempresentasikan kapasitas WIKA. Mereka pasti punya pola sendiri, pengalaman saya di negara-negara Afrika itu memang punya pola untuk perencanaan," tuturnya.

Namun, WIKA masih menunggu pembangunan infrastruktur apa yang dibutuhkan Nigeria. Nantinya kebutuhan itu akan disampaikan ke Indonesia lewat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.

Baca juga: Tertarik Bangun Ibu Kota Baru, Bos Wika Gedung Incar Proyek APBN

"Nanti tergantung dari kebutuhan nation development mereka seperti apa, community development seperti apa, nanti program-progaram itu yang akan dibicarakan dengan pemerintah Indonesia," jelasnya.

Selain Wika, BUMN lain juga punya pelaung masuk ke Nigeria. Misalnya saja PT KAI, INKA atau Pertamina. Semua tergantung kebutuhan yang akan disampaikan Pemerintah Nigeria.  

WIKA menilai negara-negera di Afrika sangat menjanjikan untuk digarap dalam hal proyek konstruksi. Apalagi, sejauh ini sumbangan pendapatan WIKA dari proyek mancanegara baru sekitar 9 persen.

Baca juga: Cerita Dirut WIKA yang Punya Bisnis Sapi Beromzet Rp 1,6 Triliun Setahun

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X