Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA Incar Proyek Infrastruktur di Nigeria

Kompas.com - 02/10/2019, 07:20 WIB
Murti Ali Lingga,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) mengincar kerja sama pembangunan proyek infrastruktur di Nigeria. Perusahaan plat merah itu bahkan sudah presentasi di hadapan para delegasi Nigeria.

"Itu tergantung kebutuhan Nigeria (membangun) apa," kata Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya ditemui di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Meski belum tahu persis pembangunan infrastruktur apa yang akan dikerjakan WIKA di negara Afrika bagian barat itu. namun ada indikasi lebih mengarah ke proyek jalan dan jembatan.

Baca juga: WIKA Garap Istana Presiden Niger, Rampung Akhir 2020

Hal ini sesuai tajuk pertemuan antara Pemerintah Indonesia dan Nigeria yakni "Strengthening Indonesia-Nigeria Development Cooperation through Reverse Linkage Program Knowledge Sharing on Road and Bridge Development” di Jakarta, kemarin.

"Kemungkinan seperti itu, kan ini baru pembicaraan awal, tadi kita sudah mempresentasikan kapasitas WIKA. Mereka pasti punya pola sendiri, pengalaman saya di negara-negara Afrika itu memang punya pola untuk perencanaan," tuturnya.

Namun, WIKA masih menunggu pembangunan infrastruktur apa yang dibutuhkan Nigeria. Nantinya kebutuhan itu akan disampaikan ke Indonesia lewat Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.

Baca juga: Tertarik Bangun Ibu Kota Baru, Bos Wika Gedung Incar Proyek APBN

"Nanti tergantung dari kebutuhan nation development mereka seperti apa, community development seperti apa, nanti program-progaram itu yang akan dibicarakan dengan pemerintah Indonesia," jelasnya.

Selain Wika, BUMN lain juga punya pelaung masuk ke Nigeria. Misalnya saja PT KAI, INKA atau Pertamina. Semua tergantung kebutuhan yang akan disampaikan Pemerintah Nigeria.  

WIKA menilai negara-negera di Afrika sangat menjanjikan untuk digarap dalam hal proyek konstruksi. Apalagi, sejauh ini sumbangan pendapatan WIKA dari proyek mancanegara baru sekitar 9 persen.

Baca juga: Cerita Dirut WIKA yang Punya Bisnis Sapi Beromzet Rp 1,6 Triliun Setahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com