Perusahaan Bisa Berperan dalam Kesetaraan Gender, Begini Caranya

Kompas.com - 02/10/2019, 10:44 WIB
Ilustrasi bekerja imtmphotoIlustrasi bekerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesetaraan gender menjadi hal yang penting, tidak terkecuali di dalam dunia profesional di perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan pun dapat berperan penting mewujudkan kesetaraan gender.

Bagaimana caranya?

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memberikan gaji yang sama untuk pegawai perempuan dan laki-laki yang mengerjakan tugas yang sama.

Sebab, saat ini masih banyak pegawai perempuan yang digaji lebih rendah dibandingkan pegawai laki-laki untuk pekerjaan yang sama.

Stacey Kennedy, President South and Southeast Asia Philip Morris International mengungkapkan, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menutup kesenjangan gender di perusahaan.

Baca juga: Ankiti Bose, Bos Startup Unicorn yang Dukung Kesetaraan Gender

Adapun pihaknya dua tahun lalu memulai inisiatif untuk memastikan pegawai perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama, termasuk gaji.

"Kami pastikan pegawai memperoleh gaji yang sana. Perempuan dan laki-laki yang melakukan pekerjaan yang sama harus digaji sama pula," kata Kennedy ketika berbincang dengan Kompas.com di Singapura beberapa waktu lalu.

Kennedy menuturkan, pekerjaan rumah bagi banyak perusahaan adalah memastikan pegawai perempuan memperoleh gaji yang sama. Sebab, dia memandang tidak ada alasan pegawai perempuan menerima gaji yang lebih rendah.

Ia juga mengungkapkan, Philip Morris International memiliki standar dasar dalam kesetaraan gender, termasuk kesetaraan dalam pemberian gaji. Terkait hal ini, pihaknya bekerja sama dengan lembaga independen asal Swiss, EQUAL-SALARY.

Lembaga tersebut pun telah mengonfirmasi bahwa Philip Morris sudah memberikan gaji yang sama antara pegawai perempuan dan laki-laki.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X