KILAS

BRI Terbitkan Obligasi Ramah Investor Retail

Kompas.com - 03/10/2019, 14:15 WIB
Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo (empat dari kanan) dan SEVP Treasury & Global Services BRI Listiorini Dewajanti (lima dari kanan) berfoto bersama usai pemaparan dalam acara Investor Gathering yang diselenggarakan di Jakarta (2/10/2019). Bank BRI menerbitkan PUB III Tahap 1 senilai Rp  5 Triliun di tahun 2019. Dok. Humas BRIDirektur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo (empat dari kanan) dan SEVP Treasury & Global Services BRI Listiorini Dewajanti (lima dari kanan) berfoto bersama usai pemaparan dalam acara Investor Gathering yang diselenggarakan di Jakarta (2/10/2019). Bank BRI menerbitkan PUB III Tahap 1 senilai Rp 5 Triliun di tahun 2019.

KOMPAS.com - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. ( BRI), berencana menerbitkan obligasi terbaru yang memberikan kesempatan kepada investor ritel untuk ikut berinvestasi.

Tujuannya, agar lebih banyak alternatif pilihan investasi bagi para investor retail. Hal ini pun selaras dengan harapan pemerintah agar investor ritel dapat lebih berperan terhadap perekembangan pasar modal di Indonesia.

Menurut Direktur Keuangan Bank BRI Haru Koesmahargyo, penerbitan obligasi bernama Obligasi Berkelanjutan III Tahap I Tahun 2019 itu ditargetkan mampu menghimpun dana sebesar Rp 5 triliun.

Rencananya, total target dana yang dihimpun melalui penerbitan Obligasi Berkelanjutan III, yakni Rp 20 Triliun pada 2019–2021.

Baca juga: Bank BRI Sambut Puncak Peringatan Hari Batik Nasional

“Dana yang berhasil dihimpun dari penerbitan obligasi ini rencananya akan digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan yaitu memperbesar penyaluran kredit berdasarkan prinsip prudential banking dan good corporate governance,” terang Haru.

Hal tersebut dia sampaikan saat menghadiri Investor Gathering di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Terdapat 3 seri pilihan obligasi, yaitu Seri A (1 tahun), Seri B (3 tahun), dan Seri C (5 tahun), dengan range kupon yang cukup menarik.

BRI menawarkan tingkat bunga 6.5-7 persen untuk Seri A, 7.19-7.79 persen untuk Seri B, dan 7.51- 8.21 persen untuk Seri C.

Untuk diketahui, obligasi BRI memiliki rating idAAA (Triple A) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Rating ini menunjukkan kemampuan kuat BRI dalam memenuhi kewajiban finansial jangka panjangnya.

Baca juga: BRI dan BCA Turun, Ini Bunga Deposito di Bank-bank Besar

Adapun periode bookbuilding akan dilakukan pada 2-16 Oktober 2019 dengan tanggal efektif pada 29 Oktober 2019, sehingga pada 31 Oktober-4 November 2019 bisa dilakukan Penawaran Umum.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X