BI: Keyakinan Konsumen Melemah pada September 2019

Kompas.com - 04/10/2019, 11:44 WIB
Ilustrasi pasar
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi pasar

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada September 2019 mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga, meskipun sedikit mengalami pelemahan.

Bank sentral menyebut, hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang tetap berada pada zona optimis (di atas 100), yaitu sebesar 121,8 pada September 2019.

"Meski sedikit lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 123,1," kata  BI dalam keterangan resmi, Jumat (4/10/2019).

BI mengatakan, optimisme konsumen yang terjaga itu ditopang oleh persepsi positif terhadap kondisi ekonomi saat ini dan meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang.

"Persepsi konsumen yang tetap positif terhadap kondisi ekonomi saat ini terutama didukung oleh meningkatnya keyakinan terhadap kondisi penghasilan saat ini," katanya.

Baca juga: BI: Indeks Keyakinan Konsumen Agustus Turun

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meningkat terutama didorong oleh membaiknya ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja.

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Maret 2020) diperkirakan relatif stabil, meskipun sedikit meningkat.

Hal tersebut terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 6 bulan yang akan datang sebesar 170,6, relatif stabil dari 170,0 pada bulan sebelumnya.

"Relatif stabilnya tekanan harga tersebut didukung oleh terkendalinya harga barang di sebagian besar wilayah," kata BI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X