Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadirkan Rumah Murah Bagi Masyarakat, Kemenkeu Suntik Modal SMF

Kompas.com - 04/10/2019, 16:41 WIB
Murti Ali Lingga,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memfasilitasi pembelian rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dalam hal ini, Kemenkeu menyuntikkan modal berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT Sarana  Multigriya Finansial (Persero) (SMF).

Dengan tambahan modal itu,  SMF diharapkan bisa menyediakan pembiayaan lebih banyak untuk rumah bagi MBR.

Direktur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenku Meirijal Nur mengatakan, hal itu juga bertujuan untuk membantu program pemerintah terkait rumah.

"SMF mendapatkan alokasi pembiayaan investasi yang tujuannya untuk berbagai keperluan pembiayaan melalui beberapa BUMN. Salah satunya pada 2020 nanti dan 2019 juga adalah SMF," kata Meirijal di Kantor DJKN Kemenkeu, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Baca juga : Ingin Punya Rumah, Lebih Baik Kontrak atau Cicil?

"Ketika rumah dibutuhkan dengan biaya yang cukup banyak, itu perlu pembiayaan dan ada pembiayaan yang jangka panjang. Karena itulah diperlukan lembaga pembiyaan yang mampu memberikan pinjaman dengan tenor panjang," lanjut dia.

Pembiayaan yang diberikan SMF melalui lewat bank yang jadi mitranya, memiliki sejumlah kelebihan.

"Kalau di perbankan tenornya tidak panjang, ada mismatch kebutuhan pembiayaan dengan ketersediaan dananya. Nah di sini peran SMF," ungkap dia.

Dikatakannya, di 2020 nanti SMF mendapatkan alokasi penambahan PMN sebesar Rp 2,5 triliun yang tujuan pengalokasinnya untuk membantu pengadaan MBR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com