Hadirkan Rumah Murah Bagi Masyarakat, Kemenkeu Suntik Modal SMF

Kompas.com - 04/10/2019, 16:41 WIB
Direktur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenku Meirijal NurSMF (kanan) memberikan penjelasan tentang pengadaan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kantor DJKN Kemenkeu, Jakarta, Jumat (4/10/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGADirektur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenku Meirijal NurSMF (kanan) memberikan penjelasan tentang pengadaan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kantor DJKN Kemenkeu, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memfasilitasi pembelian rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dalam hal ini, Kemenkeu menyuntikkan modal berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT Sarana  Multigriya Finansial (Persero) ( SMF).

Dengan tambahan modal itu,  SMF diharapkan bisa menyediakan pembiayaan lebih banyak untuk rumah bagi MBR.

Direktur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenku Meirijal Nur mengatakan, hal itu juga bertujuan untuk membantu program pemerintah terkait rumah.

"SMF mendapatkan alokasi pembiayaan investasi yang tujuannya untuk berbagai keperluan pembiayaan melalui beberapa BUMN. Salah satunya pada 2020 nanti dan 2019 juga adalah SMF," kata Meirijal di Kantor DJKN Kemenkeu, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Baca juga : Ingin Punya Rumah, Lebih Baik Kontrak atau Cicil?

"Ketika rumah dibutuhkan dengan biaya yang cukup banyak, itu perlu pembiayaan dan ada pembiayaan yang jangka panjang. Karena itulah diperlukan lembaga pembiyaan yang mampu memberikan pinjaman dengan tenor panjang," lanjut dia.

Pembiayaan yang diberikan SMF melalui lewat bank yang jadi mitranya, memiliki sejumlah kelebihan.

"Kalau di perbankan tenornya tidak panjang, ada mismatch kebutuhan pembiayaan dengan ketersediaan dananya. Nah di sini peran SMF," ungkap dia.

Dikatakannya, di 2020 nanti SMF mendapatkan alokasi penambahan PMN sebesar Rp 2,5 triliun yang tujuan pengalokasinnya untuk membantu pengadaan MBR.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X