Dapat Keluhan, Sri Mulyani Angkat Bicara soal Banjir Produk Impor di E-Commerce

Kompas.com - 04/10/2019, 20:09 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberi keterangan di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (22/5/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberi keterangan di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk-produk impor membanjiri platform e-commerce di Indonesia. Hal ini pernah dikeluhkan oleh para pelaku usaha dalam negeri.

Namun Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan bahwa banjirnya produk impor yang dijual e-commerce bukan karena adanya kehadiran Pusat Logistik Berikat ( PLB).

"Ada juga keluhan kepada saya PLB e-commerce yang seakan ciptakan banjir produk dari luar," ujarnya saat meninjau salah satu PLB di Sunter, Jakarta Utara, Jumat (3/10/2019).

Baca juga: Ini Bantahan Sri Mulyani Soal Kabar Membanjirnya Tekstil Impor

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan, belum ada PLB khusus barang e-commerce di Indonesia.

Oleh karena itu ia membantah tegas  kehadiran PLB menjadi penyebab banjirnya barang impor yang dijual melalui e-commerce.

"Kalau ada yang mengeluh terutama di dunia e-commerce mereka tersaingi, sampai hari ini PLB e-commerce belum ada satu pun yang beroperasi," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Jokowi Dibisiki Banjir Impor Tekstil, Sri Mulyani Datangi Pusat Logistik Berikat

Meski begitu ia mangatakan kalau pemerintah tetap akan mendengar segala bentuk keluhan pelaku usaha. Pemerintah juga akan mencari solusi bila benar ditemukan permasalahan.

Saat ini terdapat lebih dari 150 PLB di Indonesia. PLB ini berfungsi sebagai gudang-gudang sementara barang-barang yang akan dikirim baik dalam dan luar negeri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X