Selain Jakarta, KA Bandara Juga Bakal Hadir di 3 Kota Ini

Kompas.com - 05/10/2019, 18:44 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis perjalanan Kereta Bandara (KA) dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (5/10/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis perjalanan Kereta Bandara (KA) dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (5/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, Kereta Api (KA) Bandara Railink juga akan dibangun di sejumlah kota lain, tak hanya Jakarta.

Kehadiran fasilitas ini dinilai sudah perlu mengingat tingginya mobilitas masyarakat dari dan ke bandara.

"KA Bandara mungkin yang harus kita pikirkan itu Surabaya, karena Surabaya itu kota yang penduduknya banyak dan bandaraya juga besar," kata Budi Karya di Stasiun Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Menhub menyebutkan, selain Surabaya masih ada tiga kota lain yang dirasakan perlu dan membutuhkan kehadiran KA Bandara, yakni Bali (Bandara I Gusti Ngurah Rai), Majalengka (Bandara Kertajati), dan Makassar (Bandara Sultan Hasanuddin).

"Mungkin Bali, itu akan kita koneksikan dengann sistem KA yang terkoneksi sampai ke Bali Utara. Jadi dua kota itu yag akan kita konsentrasikan," jelasnya.

Baca juga: KA Bandara Resmi Layani Penumpang dari Stasiun Manggarai

Hadirnya KA Bandara akan menjadi penghubung atau konektivitas dengan fasilitas transportasi bagi masyarakat, terutama bandar udara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Keempat adalah Kertajati, karena kita akan melakukan reaktivasi dari Kota Bandung sampai ke Kertajati," imbuhnya.

Dikatakannya, dari keempat rencana pembangunan KA Bandara itu, yang paling cepat dan realistis adalah di wilayah Bali dan Surabaya.

Kemenhub kini sudah mulai merencanakan pembangunan fasilitas pendukung untuk mobilitas publik.

"Mungkin yang cepet itu Surabaya sama Bali. Jadi mungkin kita harapkan 2021 kita sudah sudah mulai konstruksi," tandasnya.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.