Dongkrak Rasio Elektrifikasi, PLN Dukung Inovasi Bidang Kelistrikan

Kompas.com - 05/10/2019, 18:57 WIB
Ilustrasi listrik SHUTTERSTOCKIlustrasi listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mendorong inovasi di sektor kelistrikan. Ini bertujuan sebagai upaya mengaplikasikan kegunaan listrik sebagai green smart power of energy sekaligus mendongkrak rasio elektrifikasi.

Guna lebih memasyarakatkan berbagai inovasi dan pengembangan teknologi yang humanis yang disesuaikan dengan tren gaya hidup saat ini dan antisipasi masa depan, PLN menggagas kreasi “Friday Innovation Night 2019."

Acara ini secara bergilir diselenggarakan di sejumlah kota-kota besar mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Selain menampilkan berbagai inovasi di bidang kelistrikan, kegiatan ini juga sarat dengan berbagai hiburan seperti ilusi teknologi, dan juga sejalan dengan tema besar electrical lifestyle yang mencakup eco-moving, eco-living, dan eco lifestyle.

PLN dalam acara itu juga melakukan sosialisasi dan edukasi penggunaan kompor induksi yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Puluhan Industri di Bangka Beralih ke Layanan Premium PLN

Ini termasuk juga penggunaan panel surya, motor listrik, serta ikut terlibatnya sejumlah komunitas kendaraan yang menggunakan listrik seperti komunitas segway dan komunitas pengguna motor dan sepeda listrik.

Tidak tertutup kemungkinan, ditampilkan hal lainnya yang berhubungan dengan kemajuan teknologi dan inovasi-inovasi terbaru dari PLN Group. Untuk itu PLN siap mengawal perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik.

Yuddy Setyo Wicaksono, Senior Executive Vice President Business dan Pelayanan Pelanggan PLN mengungkapkan, PLN juga menggandeng dunia usaha untuk memanfaatkan listrik dalam menjalankan kegiatannya berbasis listrik.

"Bagi pengusaha di bidang kuliner, PLN juga sudah menunjukkan keberpihakannya kepada para pelaku usaha kecil dan menengah seperti mempercepat electrical lifestyle, yaitu mempermudah para pedagang di Kebayoran, Jakarta Selatan dengan memberi token gratis, dan menyediakan stasiun penyedia listrik umum (SPLU) di wilayah tersebut," ungkap Yuddy dalam keterangannya, Sabtu (5/10/2019).

Baca juga: Pertamina dan PLN Patungan Garap Bisnis Listrik dari Energi Terbarukan

Hal serupa juga dilakukan melalui kerja sama dengan Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana, PLN juga memfasilitasi pengusaha yang ingin menggunaakan kompor induksi untuk memasak.

Saat ini rasio elektrifikasi atau tingkat pemasangan listrik di Indonesia sudah mencapai lebih dari 98 persen. Sehingga, tersisa 2 persen penduduk Indonesia yang belum menikmati listrik.

"PLN berkomitmen bekerjasama dengan pemerintah agar dapat mencapai rasio elektrifikasi 99,9 persen kedepannya, agar semua generasi penerus bangsa termasuk milenial punya pengalaman yang sama dalam menikmati kecanggihan teknologi, anak perkotaan dan anak pedesaan tetap bisa menikmati listrik agar mampu berkembang dan bersaing di era digital," jelas Yuddy.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X