Ada Internet Gratis, UMKM di Labuan Bajo Bisa Jualan di E-Commerce

Kompas.com - 06/10/2019, 17:23 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikam Warung Ides di Labuan Bajo, Minggu (6/10/2019) KOMPAS.COM/Yoga SukmanaMenteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikam Warung Ides di Labuan Bajo, Minggu (6/10/2019)

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) asal Labuan Bajo akan kian mudah memasarkan produknya melalui e-commerce.

Sebab kini fasilitas internet gratis (Warung Ides) sudah tersedia di enam titik di Labuan Bajo. Fasilitas itu disediakan oleh PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Indonesia Comnets Plus (ICON+).

"Saya titip ke ibu-ibu pakailah ini Warung Ides ini karena kan semua sudah pada pakai internet," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno saat peluncuran Warung Ides di Labuan Bajo, Minggu (6/9/2019).

Di tempat yang sama, Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan, kehadiran internet gratis di Labuan Bajo tak hanya untuk mendorong pariwisata, namun juga meningkatan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Wisatawan Bisa Internetan Gratis di Labuan Bajo

Salah satu lokasi yang sudah disediakan internet gratis oleh PLN yakni berada di Kampung Air, Labuan Bajo. Masyarakat setempat bisa memanfaatkan fasilitas gratis itu untuk memasarkan produk UMKM-nya secara online.

Selain itu, PLN melalui ICON+ juga membuat aplikasi AIRSale. Aplikasi yang bisa sukses online ini akan memberikan kemudahan kepada pelaku usaha dan pembeli, bahkan pemerintah daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AIRSale bisa menampilkan daftar barang yang dijual pelaku usaha sehingga pembeli bisa lebih mudah melihat produk tersebut.

Setiap transaksi di AIRSale dapat dengan segera memberikan ketepatan dan transparansi pelaporan pajak kepada pemerintah daerah.

"Jadi Pemda bisa memantau pajak daerahnya dari setiap transaksi di aplikasi ini," kata Dwi.

Pada 2020, PLN menargetkan 100 titik fasilitas internet di Labuan Bajo. Fasilitas internet itu terdiri dari yang gratis untuk umum dan berbayar untuk mitra misalnya pemerintah desa atau pemerintah daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.