Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Internet Gratis, UMKM di Labuan Bajo Bisa Jualan di E-Commerce

Kompas.com - 06/10/2019, 17:23 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) asal Labuan Bajo akan kian mudah memasarkan produknya melalui e-commerce.

Sebab kini fasilitas internet gratis (Warung Ides) sudah tersedia di enam titik di Labuan Bajo. Fasilitas itu disediakan oleh PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Indonesia Comnets Plus (ICON+).

"Saya titip ke ibu-ibu pakailah ini Warung Ides ini karena kan semua sudah pada pakai internet," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno saat peluncuran Warung Ides di Labuan Bajo, Minggu (6/9/2019).

Di tempat yang sama, Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan, kehadiran internet gratis di Labuan Bajo tak hanya untuk mendorong pariwisata, namun juga meningkatan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Wisatawan Bisa Internetan Gratis di Labuan Bajo

Salah satu lokasi yang sudah disediakan internet gratis oleh PLN yakni berada di Kampung Air, Labuan Bajo. Masyarakat setempat bisa memanfaatkan fasilitas gratis itu untuk memasarkan produk UMKM-nya secara online.

Selain itu, PLN melalui ICON+ juga membuat aplikasi AIRSale. Aplikasi yang bisa sukses online ini akan memberikan kemudahan kepada pelaku usaha dan pembeli, bahkan pemerintah daerah.

AIRSale bisa menampilkan daftar barang yang dijual pelaku usaha sehingga pembeli bisa lebih mudah melihat produk tersebut.

Setiap transaksi di AIRSale dapat dengan segera memberikan ketepatan dan transparansi pelaporan pajak kepada pemerintah daerah.

"Jadi Pemda bisa memantau pajak daerahnya dari setiap transaksi di aplikasi ini," kata Dwi.

Pada 2020, PLN menargetkan 100 titik fasilitas internet di Labuan Bajo. Fasilitas internet itu terdiri dari yang gratis untuk umum dan berbayar untuk mitra misalnya pemerintah desa atau pemerintah daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com