Genjot Elektrifikasi NTT, PLN Tambah 5 PLTS

Kompas.com - 06/10/2019, 21:32 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno di Pulau Messa, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu (6/10/2019) KOMPAS.COM/Yoga SukmanaMenteri BUMN Rini Soemarno di Pulau Messa, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu (6/10/2019)

MANGGARAI BARAT, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menambah 5 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Nusa Tenggara Timur. Tujuannya untuk meningkatkan elektrifikasi di provinsi tersebut.

Menteri BUMN Rini Soemarno yang meresmikan 5 PLTS milik PLN itu mengatakan, kehadiran infrastruktur listrik ini akan memberikan kepastian pasokan listrik untuk masyarakat.

"PLN turut mengambil bagian dalam mendukung peningkatan infrastruktur kelistrikan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar)," ujarnya di Pulau Messa, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu (6/10/2019).

Kelima PLTS yang diresmikan berada di Kabupaten Manggarai Barat yakni Desa Pasir Putih, Desa Seraya Mareannu, dan Desa Batu Tiga. Adapula dua PLTS lainnya terdapat di Desa Nuca Molas, Kabupaten Manggarai, dan Desa Usulanu, Kabupaten Rote Ndao.

Rini mengatakan bahwa lima PLTS ini dapat memfasilitasi kebutuhan listrik untuk 1.114 pelanggan baru dan meningkatkan presentasi energi baru dan terbarukan di NTT menjadi sebesar 13,91 persen.

Adapun rasio elektrifikasi di NTT masih di bawah 80 persen, tepatnya baru mencapai 73,72 persen. Namun angka ini telah meningkat dari tahun lalu yang baru mencapai 62 persen.

Plt Dirut PLN Sripeni Inten mengatakan PLN akan berupaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di NTT. Hal ini dinilai penting untuk mendorong perekonomian.

"Dengan adanya listrik kami yakin ekonomi akan menggeliat, waktu belajar anak-anak semakin bertambah sekaligus menarik investor," kata dia.

Sebelumnya, PLN sudah memiliki beberapa PLTS di NTT yang tersebar di beberapa daerah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X