Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putus dengan Pepsi, Ini Alasan Indofood

Kompas.com - 07/10/2019, 09:52 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) dan PepsiCo Inc (PepsiCo) sepakat untuk mengakhiri kontrak yang berlaku efektif mulai 10 Oktober 2019 mendatang.

Artinya, AIBM tidak lagi memproduksi maupun mendistribusikan produk minuman biru tersebut. Pun PepsiCo berhenti menjual produknya di Indonesia di Oktober ini.

Corporate Secretary PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) Gideon A Putro menjelaskan, putusnya kerjasama dengan PepsiCo karena alasan komersial, yakni berakhirnya perjanjian Exclusive Bottling Agreement (EBA) yang berlaku untuk jangka waktu 5 tahun pada 2019.

“Berakhirnya kerja sama dengan PepsiCo karena jangka waktu EBA sudah berakhir. AIBM dan PepsiCo telah sepakat untuk tidak melanjutkan jangka waktu EBA karena alasan komersial,” kata Gideon A Putro dalam keterangan resmi, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Pepsi Menghilang di Pasaran, Kenapa?

Meski kerja sama telah berakhir, Gideon mengatakan, AIBM akan terus mengembangkan usaha di bidang minuman non beralkohol.

"Setelah kerja sama berakhir, perseroan akan terus berupaya mengembangkan kegiatan usaha di bidang minuman," ucapnya.

Selain itu, Gideon menegaskan hingga saat ini tidak ada fakta atau kejadian penting yang berpengaruh secara signifikan terhadap perusahaan, yang belum diungkapkan kepada publik.

“Sepanjang sepengetahuan direksi, hingga saat ini tidak terdapat fakta atau informasi material atau kejadian penting lainnya yang belum diungkapkan kepada publik, yang dapat berpengaruh signifikan terhadap perseroan serta dipandang dapat mempengaruhi fluktuasi perdagangan saham perseroan,” tegas Gideon.

Baca juga: Tak Hanya KFC, Pizza Hut Juga Ganti Pepsi dengan Coca-Cola

Sebagai informasi, PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) merupakan entitas anak perseroan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang bergerak di bidang minuman non alkohol. AIBM ditunjuk oleh PepsiCo Inc.

Saat ini, ICBP memiliki beragam portofolio produk yang meliputi minuman teh siap minum, air minum dalam kemasan, dan minuman rasa buah yang berada di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com