Railink Gencar Promosi untuk Gaet Lebih Banyak Penumpang KA Bandara

Kompas.com - 07/10/2019, 22:00 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis perjalanan Kereta Bandara (KA) dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (5/10/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGAMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis perjalanan Kereta Bandara (KA) dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (5/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Railink akan lebih gencar promosi untuk meningkatkan penumpang pada layanan Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Manggarai, Jakarta Pusat. Baik dari okupasi maupun tingkat keterisian penumpangnya (load factor) per harinya.

"Dari dua hari kemarin, khusus relasi Stasiun Manggarai (MRI) rerata masih di 3 persen dari total seat yang ada per hari," kata VP Commercial PT Railink, Fitri Kusumo Wardhani dihubungi Kompas.com, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Fitri menjelaskan, persentase itu diperoleh dari dua hari setalah KA Bandara di Stasiun Manggarai, diluncurkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam soft launching.

Saat ini, KA Bandara dari Stasiun Manggarai menyediakan total 64 perjalanan dalam sehari, baik dari dan ke Manggarai-Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Pada 5 Oktober, berangkat MRI sebanyak 527 penumpanh. Tujuan MRI 519 penumpang. Kemudian 6 Oktober berangkat MRI sebanyak 591 penumpang, dan tujuan MRI 741 penumpang," rincinya.

"7 Oktober sampai jam ini (pukul 18.26 WIB), berangkat MRI sebanyak 500 penumpang dan tujuan MRI sebanyak 481 penumpang," tambah dia.

Dia menuturkan, guna meningkatkan okupasi dan load faktor penumpang di KA Bandara Stasiun Manggarai, pihak akan terus mempromosikannya lewat sosialisasi di sosial media. Upaya ini juga terintegrasi dengan sosialisasi yang dilakukan intensi terkait.

"Ini terintegrasi dengan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dan PT Railink," jelasnya.

Disamping itu, Fitri mengungkapkan KA Bandara sejak beroperasi tingkat keterisian penumpang dan okupasi kini sudah terbilang baik. Rerata penumpang sejak Januari hingga September 2019 masing-masing mencapai 3.500 per hari dan okupansi sekitar 22 persen.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis perjalanan Kereta Bandara (KA) dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (5/10/2019). Pelepasan ini merupakan bagian dari soft launching KA Bandara di Manggarai dan mulai dioperasikan melayani penumpang.

"Alhamdulillah, hari ini kita sudah melakukan perjalanan pertama dari Manggarai menuju ke bandara," kata Budi kepada awak media seusai pelepasan kereta.

Menhub mengatakan, KA Bandara di Manggarai mulai beroperasi sejak pukul 05.10 WIB, pagi dengan total 34 perjalanan kereta dalam sehari.

"Ini satu service yang bagus dari Railink, oleh karenanya saya ucapkan selamat," ujarnya.

Menhub menyampaikan, setelah berbincang dengan sejumlah penumpang, respons mereka kehadiran  moda ini baik dan positif. Karena menambahkan opsi atau alternatif ketika ingin menujuk Bandara Soekarno-Hatta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X