Kompas.com - 08/10/2019, 08:40 WIB

LONDON, KOMPAS.com - HSBC berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 10.000 karyawan sebagai langkah efisiensi setelah sebelumnya telah memberhentikan kepala eksekutif.

Pemangkasan jumlah karyawan tersebut sebagian besar akan berlaku kepada karyawan dengan gaji tinggi sekaligus membuat jumlah tenaga kerja global merosot hingga 4 persen.

Berdasarkan hasil laporan Financial Times yang dikutip dari The Guardian, bank yang berpusat di Inggris tersebut kini tengah bergulat dengan merosotnya tingkat suku bunga Brexit, juga perang tarif di pasar perdagangan internasional. Namun, HSBC belum memberikan tanggapan.

Baca juga: HP Bakal PHK 9.000 Pegawai, Apa Sebabnya?

Sebelumnya, HSBC juga sempat mengatakan bakal memangkas sebanyak 4.700 pegawai, sebagian besar di tingkat senior awal Agustus lalu.

Kala itu, HSBC sekaligus memberi peringatakan mengenai kondisi global yang menantang seiring dengan pemangkasan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat (AS), keluarnya Inggris dari Uni Eropa, perang dagang AS-China, juga huru-hara yang hingga saat ini masih terjadi di Hong Kong.

Pemangkasan staf tersebut menjadi perombakan massal pertama di bawah pimpinan HSBC sementara Noel Wuinn yang mengambil alih kursi kepemimpinan setelah CEO HSBC John Flint mendadak hengkang Agustus lalu.

"Kami sudah tahu selama bertahun-tahun, kami perlu untuk melakukan sesuatu terkait dengan pengeluaran, komponen terbesar dari itu adalah manusia, dan kami saat ini telah memahami itu," ujar sumber Financial Times yang tidak disebut namanya.

Baca juga: Cukai Rokok Naik, Menaker Minta Tak Ada PHK

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.