Jonan Magangkan Anak Buahnya di Badan Usaha, Apa Alasannya?

Kompas.com - 08/10/2019, 13:40 WIB
Kementerian ESDM meluncurkan contact center ESDM 136 di Kantor ESDM, Jakarta, Rabu (15/8/2018). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKementerian ESDM meluncurkan contact center ESDM 136 di Kantor ESDM, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menempatkan para pejabatnya untuk magang di beberapa badan usaha.

Hal ini dilakukan agar anak buahnya tersebut tidak hanya memiliki kemampuan membuat regulasi, tetapi juga mengetahui dengan baik bagaimana bisnis proses korporasi di lapangan.

Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/10/2019). menyebutkan, dengan adanya magang tersebut diharapkan pengambilan keputusan dapat lebih efektif tidak memakan waktu yang panjang.

“Sebagai pelayan publik yang mempunyai core value memberikan pelayanan terbaik sudah seharusnya memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder,” ujar dia.

Baca juga: ESDM: Pembangunan PLTU Batang Sudah Capai 83 Persen

“Segala yang berurusan dengan administrasi di Kementerian harus dibantu. Caranya bagaimana? Bapak harus tahu dahulu berapa berat pekerjaan mereka disana, jadi datang kesana melihat sendiri itu bisa merasakan, ini yang dinamakan empati. Jadi jangan ada lagi istilah mempersulit izin-izin," sambungnya.

Arcandra menambahkan, dengan magangnya para pejabat Kementerian ESDM di badan usaha ini diharapkan empati mereka meningkat.

“Bisa merasakan bahwa bagi mereka kalau tidak ada izin yang mereka butuhkan dari kita mereka tidak bisa mengerjakan apapun," lanjut Arcandra.

Program Magang PNS Kementerian ESDM Tingkat Manjerial Pejabat Eselon III dan IV tersebut diisi dengan class training, e-learning, dan on the job training.

Baca juga: Kementerian ESDM: PLN Siapkan Kompensasi Hingga Rp 1 Triliun

Program tersebut dilaksanakan selama dua minggu dan tahun depan dipertimbangkan untuk diperpanjang agar peserta magang dapat lebih memahami proses bisnis di tempat mereka magang.

“Program magang ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Peserta magang dapat memahami proses bisnis di tempat mereka magang dan badan usaha akan mendapatkan manfaat dari apa bagaimana cara berpikir orang Kementerian ESDM,” kata dia.

Peserta magang pejabat struktural untuk tahun ini diikuti sebanyak 80 orang pejabat eselon III dan IV. Kementerian ESDM sedang mendesain program untuk eselon III dan IV dapat lebih memperkuat sisi teknisnya.

"Walaupun posisi bekerja mereka di struktural namun juga harus mengerti tentang hal-hal yang teknis," sebutnya.

Baca juga: JK Puji Jonan Soal Keberhasilan KAI di Depan Budi Karya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X