Cerita Asmawi Syam, Mantan Dirut BRI Selama 37 Berkarir

Kompas.com - 09/10/2019, 09:05 WIB
Praktisi dan Akademisi Bisnis Rhenald Kasali dan Komisaris Utama Bank BTN Asmawi Syam dalam peluncuran buku kolaborasi keduanya di JS Luwansa, Jakarta, Selasa (8/10/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAPraktisi dan Akademisi Bisnis Rhenald Kasali dan Komisaris Utama Bank BTN Asmawi Syam dalam peluncuran buku kolaborasi keduanya di JS Luwansa, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Asmawi Syam, membeberkan kisahnya menghadapi berbagai masalah saat menjadi seorang bankir.

Cerita itu dia bagikan dalam sebuah buku hasil kolaborasinya dengan akademisi dan praktisi bisnis Rhenald Kasali berjudul "Leadership in Practice: Apa Kata Asmawi Syam".

Dalam launchingnya pada Selasa, (8/10/2019) Asmawi sedikit membeberkan gaya kepemimpinannya yang mungkin bisa ditiru profesional masa kini.

Asmawi bercerita, dirinya pernah menghadapi pilihan paling berat dalam hidup di tengah-tengah karirnya selama 37 tahun.

Asmawi, yang saat itu merupakan kepala cabang Bank BRI di Pulau Seram, Maluku Tengah diminta tes ke kantor pusat BRI di Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya ke AS.

Kendati demikian, tawaran lainnya muncul. Dia diminta menjadi kepala cabang di daerah Singaparna, Tasikmalaya.

 

Baca juga : Berbekal Pengalaman 37 Tahun, Mantan Bos BRI Tulis Buku soal Karier

Saat itu, cabang Bank BRI di Singaparna tengah bermasalah karena seorang nasabah yang sedikit "keras". Kepala cabang sebelumnya tidak bisa menghadapi nasabah tersebut.

Tak disangka, dia mengambil tawaran itu ketimbang sekolah di AS.

"Mungkin itu yang paling berat bagi saya saat dihadapkan pada dua pilihan. Rata-rata orang akan memilih luxury-nya, lanjut S2 ke AS. Saya harus memilih mendapat luxury atau mendapat masalah (kepala cabang di Singaparna), saya kemudian pilih Singaparna," kata Asmawi Syam di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X