Darmin Nasution: Jadi Menko Itu Kadang Harus Nginjak Kaki...

Kompas.com - 09/10/2019, 12:07 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019). MUTIA FAUZIAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan bahwa tugas sebagai menteri koordinator (Menko) tak mudah.

Menurutnya, seorang Menko harus bijak melihat situasi yang terjadi. Terkadang harus bisa keras, namun terkadang harus bisa menahan diri.

"Kadang-kadang harus bisa 'menginjak kaki', tapi tidak pernah 'menginjak kepala' ya kan," ujarnya sambil tersenyum saat bicara dalam peluncuran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Hal itu disampaikan Darmin usai diminta menjadi pembicara kunci dalam acara peluncuran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup.

Padahal sebelumnya, sudah ada Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Kehutanan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga bicara sebagai pembicara kunci.

"Kalau sudah ada keynote dua dan dua-duanya bicara maka jangan ditambah lagi keynote-nya. Wisdom-nya ada di situ," kata dia.

Alhasil, meski menjadi pembicara kunci terakhir, durasi bicara Darmin paling singkat yakni hanya 11 menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu durasi bicara Siti Nurbaya 16 menit dan durasi bicara Sri Mulyani mencapai 17 menit.

Singkatnya durasi bicara Darmin lantaran ia mengatakan tidak mau lagi mengulang apa yang sudah dibicarakan oleh Siti Nurbaya dan Sri Mulyani.

Meski begitu, Darmin tetap memberikan arahan terkait Badan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.