2025, Bandara Soetta Bisa Tampung 110 Juta Penumpang

Kompas.com - 09/10/2019, 16:46 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II menargetkan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang bisa menampung 110 juta penumpang per tahunnya di 2025.

Target tersebut baru bisa terealisasi setelah terminal 4 bandara tersebut telah dioperasikan. Pembangunan terminal 4 sendiri rencananya akan dilakukan pada 2021.

Terminal 1 dan 2 sudah jalan revitalisasi, terminal 3 sudah operasi penuh maksimal, terminal 4 akan hadir dengan 45 juta (penumpang). Jadi Bandara Soetta tahun 2025 sudah 110 juta (penumpang),” ujar Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Garap Desain Terminal 4 Bandara Soetta, AP II Libatkan Penumpang

Awal menambahkan, jika hal tersebut terealisasi Bandara Soekarno Hatta akan sama dengan bandara-bandara besar lainnya di dunia.

“Contoh saja seperti di Daxing di Beijing,” kata Awal.

Kapasitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada 2018 sudah mencapai 67 juta orang. Sementara kapasitas normalnya hanya bisa menampung untuk 43 juta orang. 

Atas dasar itu, AP II akan membangun terminal 4 di bandara tersebut. Rencananya, terminal 4 dapat menampung 45 juta penumpang dalam setahunnya.

Nantinya, terminal 4 Bandara Soekarno Hatta akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektar. Diperkirakan, proyek tersebut akan menelan dana sebesar Rp 11 triliun.

Baca juga: Railink Gencar Promosi untuk Gaet Lebih Banyak Penumpang KA Bandara

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X