Jika Brexit Terwujud, Bagaimana Dampaknya ke Ekonomi Inggris?

Kompas.com - 09/10/2019, 17:43 WIB
. catholicherald.co.uk.

LONDON, KOMPAS.com - Harapan keluarnya Inggris dari Uni Eropa dengan kesepakatan antara kedua belah pihak nampaknya kian memudar.

Skenario Brexit (British exit) yang rencananya bakal direalisasikan sebelum tanggal 31 Oktober mendatang memiliki berbagai risiko.

Berdasarkan hasil riset Institute for Fiscal Studies (IFS) yang dikutip dari CNN, Rabu (9/10/2019), ekonomi Inggris tidak akan tumbuh sama sekali pada tahun 2020 dan 2021 mendatang jika no-deal Brexit terealisasi.

Pasalnya, Uni Eropa merupakan mitra dagang terbesar Inggris. Sebesar 44 persen dari ekspor barang dan jasa Inggris pada 2017 lalu ditujukan ke Uni Eropa.

Di sisi lain, roset pemerintah yang dipublikasikan pada Selasa (8/10/2019) menunjukkan iklim bisnis Inggris harus memayar ongkos administrasi tambahan hingga 9,2 miliar dollar AS setiap tahun jika terjadi no deal Brexit.

Baca juga: No Deal Brexit, Miliaran Euro dan Jutaan Pekerjaan Akan Raib

Tingkat utang pun bakal meningkat, bahkan mencapai 90 persen dari keseluruhan pengeluaran perekonomian. Hal tersebut angka tertinggi sejak pertengahan 1960.

Pemerintah Inggris bakal meningkatkan jumlah utang untuk mendorong belanja dan menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Namun demikian, konsumsi rumah tangga yang melemah juga pertumbuhan investasi yang melambat, menurut IFS bakal menghambat belanja pemerintah.

Dipangkasnya suku bunga hingga 0 persen dan pelonggaran kuantitatif yang dilakukan oleh bank sentral hingga 61 miliar dollar AS tidak cukup untuk jadi stimulus.

Pasalnya, merosotnya pertumbuhan perdagangan juga bakal memengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X