Ungguli AS, Singapura Jadi Negara Paling Kompetitif di Dunia

Kompas.com - 10/10/2019, 05:49 WIB
Merlion Park Singapore. KOMPAS.com/MELA ARNANIMerlion Park Singapore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Ekonomi Dunia ( World Economic Forum/WEF) baru saja merilis laporan Indeks Daya Saing Global (Global Competitiveness Index/GCI) 2019.

Melampaui Amerika Serikat, tahun ini Singapura menduduki posisi pertama sebagai negara dengan daya saing paling unggul di dunia. Singapura mendapatkan skor 84,8 dari total keseluruhan skor 100.

"Singapura mengalami peningkatan di hampir seluruh pilar," jelas WEF seperti dikutip dari laman resminya, Kamis (10/10/2019).

Singapura menempati posisi pertama di hampir seluruh aspek penilaian, sepert infrastruktur, kesehatan, pasar tenaga kerja, juga perkembangan sistem keuangan.

Baca juga : Indonesia Sukses Buat Singapura Lakukan Obral...

Namun demikian, untuk bisa menjadi pusat inovasi global, WEF menilai Singapura perlu untuk meningkatkan kewirausahaan juga pelatihan skill.

Sementara Amerika Serikat, yang menempati posisi kedua masih lebih unggul dibandingkan dengan Singapura dalam hal dinamika bisnis. Sementara dari segi inovasi, Amerika Serikat menempati posisi ke-2,

"Amerika Serikat adalah sebuah pusat inovasi," ujar WEF.

Sebagai informasi, indeks persaingan global diukur dari 12 pilar, yakni kelembagaan, infrastruktur, teknologi informasi dan komunikasi, stabilitas makroekonomi, pemasaran produk, pasar tenaga kerja, sistem keuangan, ukuran pasar, kesehatan, skill, dinamisme bisnis, dan kemampuan inovasi.

Dalam laporan tersebut, WEF pun menyatakan bahwa perekonomian dunia masih belum siap dalam menghadapi perlambatan ekonomi.

Melemahnya produktifitas dunia paska krisis finansial global menjadi salah satu faktor dari perlambatan ekonomi dunia dalam satu dekade terakhir.

Regulator pun dinilai harus lebih kreatif dalam menerapkan kebijakan ekonomi. Tidak terbatas pada kebijakan-kebijakan moneter saja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X