Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WEF: Stabilitas Makroekonomi Jadi Kekuatan Indonesia

Kompas.com - 10/10/2019, 06:38 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam laporan terbaru Indeks Daya Saing Global atau Global Competitivenes Index (GCI) tahun 2019, Indonesia menempati posisi ke-50 dunia. Angka tersebut turun lima peringkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berada di posisi ke 45.

Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) yang mengeluarkan laporan tersebut mengatakan, meski peringkat Indonesia merosot, namun performa Indonesia sejatinya tak berubah banyak. Sebab, skor Indonesia hanya turun 0,3 poin menjadi 64,6.

Indonesia pun menduduki posisi ke empat jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga : Daya Saing Indonesia dalam Tren Meningkat

Salah satu yag menjadi keunggulan Indonesia adalah stabilitas makroekonomi yang menduduki posisi ke 54 dunia dengan skor 90, dan ukuran pasar yang mendapat skor 82,4 dan berada di posisi ke 7 dunia.

"Indonesia menduduki posisi ke-4 ASEAN, di bawah Singapura yang menduduki posisi pertama, Malaysia di posisi ke 27, dan Thailand di posisi ke 40," jelas laporan tersebut.

Namun demikian, masih banyak hal yang harus diperbaiki Indonesia di beberapa sektor penilaian lain. Pasalnya, gap atau selisih nilai di beberapa sektor dengan nilai tertinggi (100) mencapai 30 hingga 40 poin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com