WEF: Stabilitas Makroekonomi Jadi Kekuatan Indonesia

Kompas.com - 10/10/2019, 06:38 WIB
Ilustrasi Indonesia SHUTTERSTOCKIlustrasi Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam laporan terbaru Indeks Daya Saing Global atau Global Competitivenes Index (GCI) tahun 2019, Indonesia menempati posisi ke-50 dunia. Angka tersebut turun lima peringkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berada di posisi ke 45.

Forum Ekonomi Dunia ( World Economic Forum/WEF) yang mengeluarkan laporan tersebut mengatakan, meski peringkat Indonesia merosot, namun performa Indonesia sejatinya tak berubah banyak. Sebab, skor Indonesia hanya turun 0,3 poin menjadi 64,6.

Indonesia pun menduduki posisi ke empat jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga : Daya Saing Indonesia dalam Tren Meningkat

Salah satu yag menjadi keunggulan Indonesia adalah stabilitas makroekonomi yang menduduki posisi ke 54 dunia dengan skor 90, dan ukuran pasar yang mendapat skor 82,4 dan berada di posisi ke 7 dunia.

"Indonesia menduduki posisi ke-4 ASEAN, di bawah Singapura yang menduduki posisi pertama, Malaysia di posisi ke 27, dan Thailand di posisi ke 40," jelas laporan tersebut.

Namun demikian, masih banyak hal yang harus diperbaiki Indonesia di beberapa sektor penilaian lain. Pasalnya, gap atau selisih nilai di beberapa sektor dengan nilai tertinggi (100) mencapai 30 hingga 40 poin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X