Menko Darmin: Dunia Usaha Lebih Percaya Kadin Ketimbang Pemerintah...

Kompas.com - 10/10/2019, 12:49 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/1/2019). Kompas.com/Mutia FauziaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menilai kepercayaan dunia usaha ke pemerintah tidak sebesar kepada Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Indonesia.

Hal itu ia sampaikan usai menandatangi nota kesepahaman kerja sama pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) antara Kemenko Perekonomian dengan Kadin.

"Kami anggap penting sekali kerja sama dengan Kadin ya makin banyak KEK-nya maka makin penting ada upaya supaya meyakinkan investor," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalarta, Kamis (10/10/2019).

" Dunia usaha dalam maupun luar negeri, ya pasti lebih percaya Kadin daripada pemerintah," sambungnya.

Baca juga: Kadin: Butuh Pemetaan untuk Dorong Ekspor Produk Hortikultura

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menilai hal itu sebagai suatu yang wajar sebab Kadin merupakan muara para pengusaha yang terjun langsung dalam investasi.

Artinya kata Darmin, Kadin tahu persis situasi dan kondisi di lapangan karena merupakan pelaku usaha. Oleh karena itu, wajar bila investor akan banyak meminta masukan dari Kadin sebelum menanamkan investasi di KEK.

"Kalau pemerintah yang bilang (KEK) ini bagus ya bagaimana kan? (belum tentu investor percaya)," kata Darmin.

Darmin berharap dengan adanya kerja sama ini, Kadin bisa mendorong masuknya investasi dalam dan luar negeri, ke KEK.

Sebab, KEK merupakan kawasan bisnis yang memiliki banyak insentif untuk para investor, antara lain adanya pemotongan pajak perusahaan.

Saat ini terdapat 13 KEK di Indonesia. Rencananya hingga akhir 2019, jumlah KEK tersebut akan bertambah menjadi 17 sesuai target di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X