Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Cibitung-Cilincing Ditargetkan Beroperasi Tahun 2020

Kompas.com - 10/10/2019, 15:53 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) memperkirakan pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) akan selesai pada 2020 mendatang. Pengerjaan terus dikebut hingga kini.

Infrastruktur yang masuk jadi bagian Jakarta Outer Ring Road (JORR) II akan menjadi akses baru menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Direktur Teknik CTP Ari Sunaryono mengatakan, bahwa JTCC membentang di dua wilayah yakni Jawa Barat dan DKI Jakarta. Berdasarkan data per 3 Oktober 2019, progres konstruksi sudah mencapai 61,24 persen dan pembebasan lahan mencapai 80,12 persen.

Dia menjelaskan bahwa progres di wilayah Jawa Barat sepanjang 30,17 kilometer telah mencapai 87,17 persen untuk lahan dan konstruksi 72,12 persen.

Lalu progres lahan dan konstruksi di wilayah DKI Jakarta sepanjang 4,58 kilometer telah mencapai 25,14 persen dan 19,24 persen.

Baca juga: Waskita Pastikan Tol Cibitung-Cilincing Beroperasi Tahun Depan

"Progres di sisi Jakarta memang lebih lambat karena startnya juga tertinggal. Penlok (penetapan lokasi) baru terbit Oktober 2017, sehingga pengadaan tanahnya juga telat," kata Ari di Cibitung, Bekasi, Kamis (10/10/2019).

Ia mengungkapkan, bahwa progres lahan dan konstruksi proyek wilayah Jawa Barat lebih cepat ketimbang di DKI Jakarta. Kendati demikian pengerjaan di kedua wilyah tetap berjalan aman dan lancar.

Adanya keterlambatan pengadaan lahan di area Jakarta membuat target pengoperasian JTCC juga melambat. Awalnya, proyek ini bisa dioperasikan akhir 2019 ini.

Sebelumnya, Direktur Teknik IPC Dani Rusli menyatakan JTCC sudah bisa beroperasi pada 2020. Karena saat ini progres pembangunannya telah mencapai 60 persen lebih.

"Berdasarkan laporan terbaru PT Cibitung Tanjung Priok Port (CTP) Tollways selaku BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) pembangunan JTCC, konstruksinya saat ini telah mencapai lebih dari 60 persen dan lahan yang sudah dibebaskan lebih dari 80 persen," kata Dani dalam kesempatan terpisah.

Baca juga: Waskita Toll Road Targetkan Tol Cibitung-Cimanggis Tembus Transyogi Tahun Ini

Dani menjelaskan, kehadiran JTCC akan memperlancar akses transportasi dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan industri di Bekasi, Cibitung, Cikarang hingga Karawang dan sebaliknya.

Total investasi pembangunan tol tersebut mencapai sekitar Rp10,8 triliun. Dari angka itu, 70 persen dari biaya investasi diperoleh dari pinjaman sindikasi perbankan dan sisanya 30 persen diperoleh dari ekuitas.

Setelah rampung, jalan tol Cibitung-Cilincing akan menjadi alternatif menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Konektivitas antara kawasan industri di Bekasi dan pelabuhan juga diyakini bakal lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com