Gandeng KKP, BRI Ingin Tingkatkan Literasi Keuangan Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan

Kompas.com - 10/10/2019, 18:47 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti sedang melihat dua petinggi Bank BRI, salah satunya adalah Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari menandatangani kerja sama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP) dengan Bank BRI, di Muara Baru, Jakarta, Kamis (10/10/2019).
DOK. Humas Bank BRIMenteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti sedang melihat dua petinggi Bank BRI, salah satunya adalah Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari menandatangani kerja sama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP) dengan Bank BRI, di Muara Baru, Jakarta, Kamis (10/10/2019).


KOMPAS.com
- Bank Rakyat Indonesia (Persero) ( BRI) Tbk menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP) untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan pelaku usaha kelautan dan perikanan.

"Kerja sama BRI dan KKP juga untuk memberikan kemudahan akses layanan perbankan dan permodalan secara merata bagi kepada pelaku usaha kelautan dan perikanan,” ungkap Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari.

Supari sendiri mengatakan itu dalam acara penandatanganan kerja sama antara Bank BRI dengan KKP di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta, Kamis (10/10/2019). Selain Supari hadir pula Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dalam keterangan tertulisnya, BRI menjelaskan, kerja sama dengan KKP adalah terkait Pencetakan Kartu Pelaku Utama Sektor Kelautan dan Perikanan ( KUSUKA).

Baca juga: Perluas Akses Keuangan ke Pelajar, BRI Bersinergi dengan Sekolah

 

Menilik fungsinya, selain sebagai identitas tunggal pelaku usaha yang tervalidasi secara online, kartu KUSUKA juga memberikan kemudahan layanan jasa perbankan kepada pemiliknya. 

Apalagi jaringan Bank BRI yang tersebar dan terbesar di seluruh Indonesia, sehingga memungkinkan seluruh penerima Kartu KUSUKA dapat menikmati fasilitas layanan jasa perbankan dan permodalan usaha hingga pelosok di remote area.

Meratanya penyaluran Kartu KUSUKA menjadi sarana untuk kegiatan inklusi dan literasi keuangan bagi pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan secara optimal.

Sementara itu, bagi pemerintah kartu KUSUKA menjadi sarana efektif untuk menentukan kebijakan serta monitoring dan evaluasi program pemerintah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X