Jokowi Bangun KEK Selama 5 Tahun, Berapa Nilai Komitmen Investasinya?

Kompas.com - 10/10/2019, 20:03 WIB
Menko Darmin Nasution usai mrncoblos di TPS 20. Kompleks Liga Mas Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (17/4/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANAMenko Darmin Nasution usai mrncoblos di TPS 20. Kompleks Liga Mas Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (17/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintahan Joko Widodo telah membangun banyak Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) dalam 5 tahun terakhir.

Namun menurut Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, nilai komitmen investasi di KEK baru mencapai Rp 85,3 triliun.

"Investasi yang terealisasi tidak pas, yang pas itu yang sudah komitmen," ujarnya di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Pengusaha Besar Diajak Investasi di KEK Mandalika

Nilai komitmen investasi itu akan menyerap 8.686 tenaga kerja. Diakui oleh Darmin, hal ini jauh dari apa yang diharapkan oleh pemerintah.

Penerapan tenaga kerja yang tidak mencapai 10.000 orang disebabkan banyaknya KEK yang fokus kepada industri pengolahan sumber daya alam yang tidak banyak menyerap tenaga kerja.

Di Semangke misalnya, industri yang muncul adalah pengolahan kelapa sawit dan karet. Sementara di Sulawesi ada pengolahan hasil tambang.

"Selalu ada hal-hal yang kami ingin mendapat hal lebih tetapi dapatnya kurang," kata Darmin.

Saat ini sudah terdapat 13 KEK di Indonesia. Jumlah itu diyakini akan bertambah jadi 17 KEK pada akhir 2019 sehingga sesuai dengan target di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019.

Baca juga: Dorong Investasi, Pemerintah Bakal Revisi 2 PP soal KEK

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X