Fitur PayLater Disalahgunakan, Ini yang Dilakukan Traveloka

Kompas.com - 11/10/2019, 15:47 WIB
- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyalahgunaan fitur PayLater dari penyedia jasa layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital kembali marak. Modus yang biasanya digunakan, pelaku biasanya membobol akun pengguna Traveloka dan menggunakan fitur Paylater tanpa izin pemilik akun asli.

Untuk mengantisipasi hal serupa kembali terjadi, pihak Traveloka pun mengembangkan sistem perlindungan berangkap dan manajemen keamanan demi mencegah aktivitas yang mencurigakan.

“Keamanan data pengguna tentu saja menjadi prioritas kami dan kami berupaya untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Untuk itulah, kami menerapkan sistem perlindungan berlapis, yaitu Traveloka Secure Code dan Account Deactivation,” ujar SVP Financial Product Alvin Kumarga dalam keterangannya kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Baca juga: Traveloka Bantah Ingin Ganti Nama Bandara Soekarno-Hatta

Alvin mengatakan, untuk menambah keamanan pengguna PayLater, Traveloka pun bekerja sama dengan perusahaan teknologi finansial Caturnusa Sejahtera Finance (CSF) yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan Traveloka Secure code,  pengguna perlu memasukkan konfirmasi kode rahasia yang dikirim melalui SMS untuk setiap transaksi.

"Tanpa memasukkan kode ini, transaksi tidak akan berhasil," jelas Alvin.

Fitur keamanan kedua adalah Account Deactivation. Fitur ini akan berfungsi ketika ada aktivitas tidak sah di akun Traveloka. Jika terjadi hal tersebut, pengguna dapat menonaktifkan akunnya untuk sementara.

Baca juga: PayLater atau Kartu Kredit, Mana yang Bunganya Lebih Rendah?

Traveloka akan tetap menyimpan informasi dan data pemilik sehingga dapat dipulihkan kembali ketika dibutuhkan.

Selain dua fitur tersebut, Traveloka juga memiliki lapisan keamanan lainnya untuk terus melindungi pengguna dalam melakukan transaksi online, yaitu notifikasi login.

Melalui fitur Notifikasi Login, pengguna akan mendapatkan notifikasi melalui email ketika masuk ke akun (login).

Kemudian, pengguna Traveloka juga dapat mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor sehingga pengguna harus memasukkan password Traveloka dan kode verifikasi setiap kali masuk ke aplikasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X