Daging Ayam Ras hingga Rokok Jadi Pemicu Inflasi Oktober

Kompas.com - 11/10/2019, 16:10 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo ketika ditemui di kawasan perkantoran BI di Jakarta, Jumat (11/10/2019). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAGubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo ketika ditemui di kawasan perkantoran BI di Jakarta, Jumat (11/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam hasil survei pemantauan harga memperkirakan tingkat inflasi pada minggu kedua Oktober 2019 cenderung rendah, yaitu sebesar 0,04 persen (month to month/mtm).

Sementara jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, tingkat inflasi di minggu kedua Oktober 2019 diperkirakan sebesar 3,15 persen (yoy).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, tingkat inflasi tersebut masih rendah jika dibandingkan dengan periode September 2019 lalu.

"Jadi kalau year on year 3,15 persen itu lebih rendah jika dibandingkan dengan September lalu yang 3,39 persen," ujar Perry di Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Baca juga: Tips agar Keuangan Tak Tergerus Inflasi

Perry mengatakan, beberapa barang yang mengalami kenaikan harga dan memicu inflasi adalah daging ayam ras dengan inflasi sebesar 0,03 persen, juga tomat sayur dan rokok kretek sebesar 0,01 persen.

Di sisi lain, terdapat komoditas yang mengalami deflasi atau penurunan harga.

Perry mengatakan, penurunan harga terjadi pada komoditas cabai merah yang mengalami deflasi sebesar 0,06 persen, cabai rawit deflasi 0,03 persen dan telur ayam ras yang juga mengalami deflasi sebesar 0,03 persen.

Selain itu, harga bawang merah, angkutan udara, jeruk dan kentang masing-masing mengalami deflasi sebesar 0,01 persen.

Perry pun optimistis hingga akhir tahun tingkat inflasi bisa terjaga di kisaran target 3,5 plus minus 1 persen, bahkan di bawah titik tengah target tersebut.

"Dengan perkembangan harga Minggu kedua Oktober, Alhamdulillah harga terkendali rendah dan sejalan dengan perkiraan akhir tahun. Insyallah inflasi dibawah titik tengah sasaran inflasi 3,5 persen," ujar dia.

Baca juga: BI: Cabai Masih Sumbang Inflasi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X