Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur PayLater Baiknya Digunakan untuk Apa?

Kompas.com - 11/10/2019, 17:35 WIB
Rina Ayu Larasati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa e-commerce ataupun payment gateway telah menawarkan fitur PayLater sebagai solusi untuk mereka yang underbanked dan tidak memiliki kartu kredit.

PayLater adalah fitur yang disediakan oleh e-commerce untuk para penggunanya agar bisa melakukan transaksi pembelian dengan melakukan pembayaran belakangan alias berutang. 

Nah bagaimana memanfaatkan fasilitas cicilan online ini?

Baca juga: Fitur PayLater Disalahgunakan, Ini yang Dilakukan Traveloka

Ghita Argasasmita, Financial Advisor dari Integrita, mengatakan masyarakat harus bijak dalam memanfaatkan fitur tersebut, agar nantinya tidak terjebak utang.

"Kita sebenarnya harus berhati-hati juga ketika menggunakan fitur PayLater itu, karena itu akan menimbulkan habit untuk berutang," ucap Ghita Argasasmita, Financial Advisor dari Integrita saat ditemui oleh Kompas.com di Jakarta Jumat (11/10/2019).

Ghita mengatakan, walaupun mampu membayar cicilan tersebut, akan lebih baik penggunaan fitur PayLater untuk kegiatan komsumtif lebih baik dihindari. 

Baca juga: Sebelum Transaksi Pakai Fitur Pay Later, Simak 5 Risikonya

Dia menyarankan, fitur PayLater bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang produktif, seperti misalnya para pengusaha atau para pekerja yang akan melakukan perjalanan bisnis. 

"Kayak Traveloka, mereka kan menyediakan fitur PayLater, ini berguna untuk kita-kita yang bekerja atau punya bisnis. Kan kadang ada yang belum bisa kasih uang untuk pembelian tiket atau kasih corporate card untuk beli tiket. Nah fitur PayLater ini bisa dimanfaatkan oleh karyawan untuk melakukan perjalanan itu dulu," kata Ghita. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com