AP II Resmi Kelola Bandara Radin Inten II Lampung hingga 2050

Kompas.com - 12/10/2019, 20:21 WIB
Bandara Radin Inten II Lampung, Kamis (7/3/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMABandara Radin Inten II Lampung, Kamis (7/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Anggkasa Pura II ( AP II) resmi menjadi pengelola Bandara Radin Inten II Lampung setelah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Berdasarkan Perjanjian Kerja Sama tentang Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) Barang Milik Negara tersebut, AP II akan mengelola bandara Radin Inten II selama 30 tahun mulai 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2050.

“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada AP II untuk mengelola Bandara Radin Inten II," ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (12/10/2019).

"Kami siap mengelola bandara tersebut dan mengembangkan konektivitas penerbangan di Lampung,” sambungnya.

Baca juga: Dua Maskapai Minat Buka Penerbangan Internasional dari Bandara Radin Inten II

AP II kata dia, telah memiliki rencana pengembangan di Bandara Radin Inten II Lampung. Nilai investasinya mencapai Rp 500 miliar untuk 30 tahun.

Sebagai bagian dari perjanjian yang diteken hari ini, AP II akan menerima pendapatan aeronautika, pendapatan nonaeronautika dan pendapatan kargo dari pengelolaan Bandara Radin Inten II.

Nantinya AP II akan melakukan pembayaran atas kontribusi tetap dan pembagian keuntungan kepada Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub saat mengeloa Bandara Radin Inten II.

Saat ini Bandara Radin Inten II beroperasi dengan terminal baru. Terminal seluas 9.650 meter persegi itu berkapasitas sekitar 3 juta penumpang per tahun.

Sementara itu di sisi udara, bandara dilengkapi dengan runway 3.000 x 45 meter serta apron berukuran 565 x 110 meter untuk 12 parking stand pesawat.

Sepanjang tahun lalu, jumlah penumpang di Radin Inten II mencapai 1,99 juta penumpang dengan pergerakan pesawat 16.058 pergerakan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X