Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2019, 11:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta OVO, yang baru saja menyandang status unicorn, untuk bisa berkontribusi lebih bagi bangsa dan negara.

"Kapasitas yang semakin besar menuntut tanggung jawab yang lebih besar. Oleh karena itu OVO sebagai leading digital payment platform di Indonesia, sudah saatnya berkontribusi lebih untuk bangsa, melalui program CSR (Corporate Social Responsibility)," katanya seperti dilansir dari Antara, Minggu (13/10/2019).

Pesan tersebut diungkapkan Luhut saat menghadiri perayaan ulang tahun kedua OVO di Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Ia menjadi tamu kehormatan di acara yang juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, perwakilan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan serta jajaran direksi OVO.

Baca juga: Ketambahan Ovo, Ini Daftar 5 Startup Unicorn di Indonesia

Luhut memberi contoh kontribusi yang dapat dilakukan unicorn kelima Indonesia itu, antara lain, peningkatan dan pemerataan kesejahteraan kualitas hidup bagi lebih dari 300.000 mitra tradisionalnya.

"Pendapatan para mitra akan meningkat jika added value (nilai tambah) dari produknya juga ditingkatkan. 'Added value' jugalah yang pemerintah dorong di skala nasional seperti pada industri nikel," jelasnya.

Selain itu, OVO juga dapat membangun kesadaran masyarakat mengenai bahaya sampah plastik.

"OVO juga dapat memberikan penghargaan khusus bagi para mitra yang ramah lingkungan, atau bahkan diskon khusus sehingga bisa memperbanyak pembeli. Misalnya penggunaan straw atau sedotan yang ramah lingkungan pada produk minuman," katanya.

Luhut juga menginginkan agar diadakan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang juga merupakan program prioritas pemerintah saat ini.

Baca juga: Tanggapi Isu Merger, Ini Respons OVO dan DANA

Caranya, misalnya dengan program pendampingan atau pelatihan untuk mitra-mitra usaha mikro, menengah dan kecil (UMKM) yang harus berkompetisi dengan merek raksasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com