Susunan Kabinet Baru Jokowi Ditunggu Pelaku Pasar, Mengapa?

Kompas.com - 14/10/2019, 12:20 WIB
Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan K.H. Maruf Amin (kanan) tiba di kantor KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIPasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan K.H. Maruf Amin (kanan) tiba di kantor KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Susunan kabinet baru Presiden Joko Widodo menjadi salah satu hal yang akan dinantikan para pelaku pasar saham.

Menurut Senior Portofolio Manager-Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Samuel Kesuma, arah kebijakan pemerintah memang selalu diperhatikan pelaku pasar.

"Terutama setelah pembentukan kabinet baru," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Kabinet Jokowi, lanjut Samuel, akan memberikan gambaran yang lebih jelas bagi para pelaku pasar mengenai prospek di masing-masing industri atau sektor.

Hal ini dinilai sangat penting di tengah situasi dan kondisi ekonomi global yang kian diselimuti ketidakpastian.

Baca juga: Kabinet Baru Jokowi, Sri Mulyani Cocoknya Jadi Menteri Apa?

Eskalasai perang dagang Amerika Serikat-China belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir meski sudah berlangsung hampir dua tahun.

Di sisi lain, sebagian pejabat Bank Sentral AS The Fed juga terpecah. Ada yang memandang pemangkasan suku bunga masih perlu dilanjutkan, namun sebagian lagi justru tidak setuju.

Jika ekonomi dunia melemah, permintaan komoditas secara global akan berkurang. Indonesia puj sebagai negara pengekspor komoditas akan terkena dampaknya. Akhirnya, perekonomian Indonesia juga ikut melemah.

Oleh karena itulah gambaran arah kebijakan pemerintah sangat ditunggu. Arah kebijakan pemerintah dinilai akan mulai terlihat saat kabinet baru Presiden Jokowi diumumkan.

Adapun kabinet baru akan diumumkan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X