Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Jabatan, Menperin Airlangga Luncurkan Buku

Kompas.com - 14/10/2019, 12:44 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang akhir masa jabatannya sebagai Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto meluncurkan buku berjudul "Merajut Asa" di Kementerian Perindustrian, Senin (14/11/2019).

Buku ini berisi tentang perjalanan industrialisasi Indonesia sejak zaman proklamator Soekarno dan Hatta. Buku ini ditulis Airlangga sejak 2016 lalu.

"Buku ini membahas kaya atau miskin SDA (Sumber Daya Alam), itu butuh industrialisasi. Buku ini dibahas dengan nuansa yang berbeda," kata Airlangga dalam sambutannya.

Selain itu, buku ini juga membahas mengenai Undang Undang (UU) Perdagangan Hindia Belanda dan perubahan UU Perdagangan saat ini yang dinilai lebih relevan. Banyak sisi yang ditilik dalam buku ini.

"UU Perdagangan pada waktu dibuat menggantikan undang-undang zaman Hindia Belanda. UU Perdagangan jadi bagian yang menyangkut hajat hidup orang," ujarnya.

Baca juga: Menperin: Peningkatan Investasi Kunci Indonesia Masuk Industri 4.0

Airlangga juga bercerita terkait hal-hal dasar di dunia industri, seperti apa bedanya industri pemurnian dengan industri pengolahan. Menurut Airlangga, dua hal penting dalam industri tersebut juga perlu dipahami dan dicermati.

"Buku ini penting karena mencatat hal-hal tak tertulis didalam UU itu sendiri sehingga kita perlu ketahui mengapa hilirisasi itu penting. Apa beda pemurnian dan pengolahan," sebut Airlangga.

"Padahal itu berbeda. Pengolahan terkait direct tambang. Sedangkan pemurnian merupakan secondary process yang sudah masuk di industri," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com