Kemendag Targetkan Ekspor Dekorasi Rumah Tembus Rp 520 Miliar

Kompas.com - 15/10/2019, 13:10 WIB
MoU Kemendag dan CBI, Selasa (15/10/2019) KOMPAS.com/Rina Ayu LarasatiMoU Kemendag dan CBI, Selasa (15/10/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdangan Indonesia lewat Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional menjalin kerja sama dengan Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda untuk mengembangkan ekspor produk dekorasi rumah.

Lewat kerjasama ini kemendag menargetkan ekspor produk dekorasi rumah ke Belanda bakal tembus 32 juta euro atau sekitar Rp 520 miliar dalam kerja sama yang dilakukan selama lima tahun.

"Itu sampai akhir nanti proyek ada sekitar 32 juta euro atau sekitar Rp 520 miliar rupiah, sampai nanti (2024)," ucap Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward saat ditemui di kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta Selasa (15/10/2019).

Baca juga : Holding BUMN Perkebunan Ekspor Perdana CPO ke AS

Dody menyebutkan, target tersebut merupakan tujuan dari dilakukannya kerja sama pengembangan ekspor dekorasi rumah dengan Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda.

Kerja sama tersebut berbentuk sebuah pelatihan untuk usaha kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang memproduksi kerajinan dekorasi rumah.

Managing Director CBI Belanda Hans Obdeijn mengatakan, permintaan pasar di Belanda maupun Eropa memang menuntut adanya aspek sustainability dalam setiap produk yang beredar. Sehingga, dalam kerja sama ini pihaknya memberi tahu secara langsung aturan-aturan yang berlaku di pasar Eropa.

"Harapannya setelah perjanjian ini selesai lima tahun ke depan, Indonesia sudah bisa melakukannya sendiri, dan tak lagi memerlukan kami," jelas Hans.

Pelatihan yang diberikan berdasarkan pada aspek sustainability atau keberlangsungan yang dilihat mulai dari cara bagaimana pelaku usaha mengambil bahan baku untuk produknya, cara mengolahnya, cara membuang limbahnya dan juga dalam memberdayakan para karyawannya.

Saat ini jumlah pelaku UMKM yang sudah mengikuti pelatihan ini sejak 2014 sebanyak 11 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. UMKM yang dibina oleh CBI dan Badan Ekonomi Kreatif berbeda.

Perlu diketahui, Belanda menempati peringkat pertama di Eropa sebagai pasar terbesar untuk ekspor produk home decoration Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 22.34 persen. Jumlah ekspor dari tahun 2014-2018, yaitu meningkat 3,38 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X