Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIMB Niaga Auto Finance Salurkan Pembiayaan Rp 2,45 Triliun Per September 2019

Kompas.com - 15/10/2019, 13:41 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Bank Cimb Niaga Tbk, PT Cimb Niaga Auto Finance (CNAF) mencatat realisasi pembiayaan sebesar Rp 2,45 triliun hingga September 2019.

Angka itu naik 93,3 persen (yoy) dari Rp 1,27 triliun tahun 2018. Tidak terpengaruh loyonya penjualan mobil, pembiayaan masih didominasi oleh mobil baru (new passenger car) lebih dari 50 persen.

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman mengatakan, peningkatan itu dipengaruhi oleh sinergi CNAF bersama induk usaha melalui berbagai macam aktifitas, seperti melakukan cross selling terhadap nasabah.

"Strategi utama CNAF saat ini fokus terhadap sinergi dengan induk usaha, seperti cross selling sejak akhir tahun 2018. Karena kita lihat banyak permintaan untuk pembiayaan nasabah bank," kata Ristiawan Suherman di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Selain itu, CNAF juga memberikan awareness kepada nasabah bahwa pembayaran yang tepat waktu akan lebih banyak mendapatkan manfaat dibanding telat bayar.

Edukasi itu mampu menekan rasio pembayaran bermasalah (non performing financing/NPF) jauh di bawah rata-rata industri menjadi 0,8 persen pada Agustus 2019 dari 1,8 persen pada Agustus 2018.

Dengan hasil positif tersebut, total aset CNAF tercatat sebesar Rp 3,3 triliun dan portofolio pembiayaan sebesar Rp 2,8 triliun.

Terkait target hingga akhir tahun 2019, CNAF menargetkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 4 triliun. Dari jumlah tersebut, masih tersisa Rp 1,5 triliun untuk dikejar dalam 3 bulan terakhir.

"Rp 4 triliun sisanya di tiga bulan ke depan masih dalam rentan masuk akal, akan terus kita kejar mengingat opportunity penguatan channel akusisi. Tren pencairan kredit dari Januari sampai September sangat positif jadi sangat realistik. Mudah-mudahan tidak terlalu jauh dari target," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com