CEO Perempuan Lebih Menguntungkan Bagi Perusahaan, Mengapa?

Kompas.com - 17/10/2019, 06:38 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Terdapat lebih banyak bukti yang menunjukkan, menempatkan perempuan dalam peran kepemimpinan puncak perusahaan baik untuk bisnis.

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (17/10/2019), sebuah studi terbaru dari S&P Global Market Intelligence menyebutkan, perusahaan publik dengan Chief Executive Officer (CEO) CEO atau Chief Financial Officer ( CFO) perempuan kerap kali lebih menguntungkan serta memiliki kinerja harga saham yang lebih baik dibanding perusahaan dengan pimpinan laki-laki.

Sebagai infromasi, studi tersebut menggunakan data CEO dan CFO yang baru ditunjuk dalam perusahaan-perusahaan di indeks Russel 3000 di bursa AS dalam 17 tahun belakangan.

Secara keseluruhan, dalam kurun waktu tersebut terdapat 6.825 penunjukan pemimpin baru dengan 578 di antaranya perempuan.

Baca juga : Miliarder Pendiri Uniqlo Ingin Jabatannya Digantikan oleh Perempuan

Dua tahun setelah menunjuk CEO perempuan, perusahaan bakal dipandang oleh investor menjadi tidak terlalu berisiko. Perusahaan pun jadi menemukan momentum baru dalam harga saham emreka.

Di sisi lain, sebuah perusahaan dengan CFO perempuan juga dipandang oleh investor menjadi lebih tidak berisiko, sekaligus lebih mudak mencetak untung.

Jika dilihat dalam periode 17 tahun, studi tersebut menemukan bahwa para CFO perempuan selama masa jabatannya bisa mencetak laba kotor gabungan yang lebih besar dibandingkan dengan rata-rata laba yang dicetak oleh perusahaan di sektor yang sama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X