Hari Ini, 5 Anggota Terpilih BPK 2019-2024 Ucap Sumpah

Kompas.com - 17/10/2019, 13:38 WIB
Ketua Mahkamah Agung, M. Hatta Ali saat memandu sumpah 5 anggota BPK periode 2019-2024 di Jakarta, Kamis (17/10/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAKetua Mahkamah Agung, M. Hatta Ali saat memandu sumpah 5 anggota BPK periode 2019-2024 di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima anggota terpilih Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) RI periode 2019-2024 telah mengucapkan sumpah jabatan di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Kelima anggota BPK yang mengucap sumpah tersebut, antara lain Achsanul Qosasi, Daniel Lumban Tobing, Harry Azhar Azis, Hendra Susanto, dan Pius Lustrilanang.

Adapun pengambilan sumpah jabatan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung, M. Hatta Ali.

Pengambilan sumpah sesuai pasal 16 ayat (1) UU No. 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, yang menyatakan sebelum memangku jabatannya, Anggota BPK wajib mengucapkan sumpah atau janji menurut agamanya.

Baca juga : Faisal Basri Soroti Pimpinan BPK yang Mayoritas dari Kalangan Politisi

"Sebelum memangku jabatan anggota Badan Pemeriksa Keuangan, saudara-saudara wajib bersumpah. Bersediakah saudara-saudar yang namanya telah ditetapkan dalam keputusan untuk bersumpah menurut agama yang saudara anut?," kata Ketua Mahkamah Agung, M. Hatta Ali di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Pertanyaan yang dilayangkan Ketua MA dijawab mantap oleh kelima anggota BPK yang disumpah pada hari ini. Mereka menyatakan bersedia disumpah untuk menjalankan tugas dan fungsinya sesuai amanat UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Turut hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, dan Menteri ATR BPN Sofyan Djalil.

Adapun, kelima Anggota BPK terpilih tersebut menggantikan Anggota BPK yang berakhir masa jabatannya, yaitu Moermahadi Soerja Djanegara, dan Anggota BPK Achsanul Qosasi, Rizal Djalil, Harry Azhar Azis, dan Anggota BPK yang meninggal dunia pada 7 Januari 2019 yaitu Eddy Mulyadi Soepardi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X