Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKPM: 5 Tahun Terakhir, Investasi Asing ke Indonesia Positif

Kompas.com - 17/10/2019, 13:41 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan, capaian Indonesia di bidang investasi cukup baik pada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla.

Aliran dana investasi ke Indonesia menunjukkan tren yang terbilang positif dari waktu ke waktu.

"Saya beberapa hari ini cukup banyak merenungkan prestasi pencapaian lima tahun maupun juga kegagalan, kekeliruan, PR (pekerjaan rumah) yang masih ada tentunya tidak sedikit," kata Thomas dalam acara Trade, Tourism, And Investment (TTI) Forum di Tangerang, Kamis (17/10/2019).

Menurut Thomas, sejak beberapa tahun terakhir, kondisi ekonomi global menunjukkan gejolak yang tak pasti dan tentu memberikan dampak signifikan termasuk pada sektor investasi. Hal ini tentu menjadi salah satu kesulitan untuk meningkatkan nilai investasi bagi Indonesia.

"Mengingat lima tahun terakhir kondisi global cukup sulit, saya sebenarnya cukup puas. Lumayan lah dengan prestasi-prestasi kita," ujarnya.

Baca juga: BKPM: Indonesia Masuk 5 Besar Destinasi Investasi Dunia

Dia menilai, saat ini Indonesia sudah dilirik sebagai salah satu destinasi investasi karena sejumlah keunggulan maupun potensi. Baik potensi sumber daya alam (sdm) hingga infrastruktur yang sudah mumpuni.

"Di era presiden Jokowi, kita melanjutkan perjalanan dari sebelumnya di bawah peringkat layak investasi, sekarang masuk kategori sangat solid. Kita satu tingkat di atas batas minimum," tambahnya.

Ia menuturkan, berdasarkan sejumlah survei membuktikan bahwa Indonesia menjadi negara sasaran atau destinasi investasi dari sejumlah negara. Bahkan posisi Indonesia selalu masuk sepuluh besar.

"Hampir semua survei, Indonesia selalu masuk top 5 destinasi investasi di dunia yang paling prospek," sebutnya.

Meskipun demikian, Thomas berpendapat masih banyak hal yang perlu dibenahi untuk mendongkrak nilai investasi yang akn ditanamkan para investor di Indonesia. Ini antara lain regulasi, proses izin, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com