Anggota BPK Didominasi Politisi, Ini Kata Para Menteri

Kompas.com - 17/10/2019, 14:12 WIB
Ketua Mahkamah Agung, M. Hatta Ali saat memandu sumpah 5 anggota BPK periode 2019-2024 di Jakarta, Kamis (17/10/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAKetua Mahkamah Agung, M. Hatta Ali saat memandu sumpah 5 anggota BPK periode 2019-2024 di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima anggota baru Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) telah mengucapkan sumpah jabatan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) di Gedung MA, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Adapun anggota BPK yang telah mengucap sumpah itu didominasi oleh kalangan politisi. Dari lima anggota, empat di antaranya merupakan politisi.

Menanggapi hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kelima anggota BPK itu telah disumpah, sehingga harus menjalankan amanat konstitusi dan UU yang berlaku.

"Kalau politisi yang lalu-lalu juga begitu. Tapi beliau kan tadi sudah sumpah untuk menjalankan fungsi BPK sesuai tugasnya. Ya, tentu kita hormati, lah," kata Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Baca juga: Hari Ini, 5 Anggota Terpilih BPK 2019-2024 Ucap Sumpah

Dia bilang, yang menimbulkan konflik kepentingan (conflict of interest) bukan hanya dilihat dari anggota berlatarbelakang politisi ataupun non-politisi.

"Walaupun politisi dan non-politisi tetap (sama) saja. Kan tadi lihat sumpahnya mereka sangat serius, tidak menerima apapun, menyajikan apapun dalam bentuk apapun," ucap Sri Mulyani.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal serupa. Budi menuturkan, pemilihan anggota berlatarbelakangan politisi boleh saja asal independen dan punya sikap baik.

"Saya pikir boleh politisi sejauh kita lihat dia punya sikap baik," katanya.

Apalagi selama ini, Budi belum pernah melihat adanya konflik kepentingan antara BPK dengan Kementerian Perhubungan.

"Kalau pengalaman saya, enggak terjadi. Ini pengalaman saya, ya, enggak tahu kalau yang lain. Tidak ada konflik kepentingan. Sejauh ini mereka independen dan memberikan pendapat yang baik," ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X